Sukses

5 Negara Miliarder Sembunyikan Uangnya

Negara manakah yang menjadi tempat para miliarder menyembunyikan kekayaannya?

Liputan6.com, New York - Perusahaan konsultasi global Boston Consulting Group kembali meluncurkan laporan tahunannya mengenai jumlah kekayaan asing yang disimpan seorang warga di negara lain dalam bentuk investasi. Hasilnya, Swiss menempati posisi pertama sebagai tempat investasi favorit para pengusaha asing.

Dalam laporannya yang dirilis pekan ini seperti dikutip dari Market Watch, Kamis (12/6/2014), Boston Consulting Group menemukan, penguatan pasar saham berhasil mendorong kekayaan finansial pribadi meningkat secara global menjadi US$ 152 triliun.

Jumlah orang terkaya di dunia menembus 16,3 juta jiwa atau naik 1,1 persen pada 2013. Amerika Serikat tercatat sebagai pemilik orang kaya terbanyak di dunia dengan jumlah mencapai 7,1 juta jiwa.

Berikutnya China menyusul dengan menyumbang jumlah orang kaya sebanyak 2,4 juta jiwa. Negara ketiga berikutnya yang tercatat memiliki orang kaya terbanyak adalah Jepang sebanyak 1,2 juta jiwa.

Sementara kekayaan asing, dengan pemiliknya tidak memiliki kewarganegaraan di negara tersebut meningkat menjadi US$ 8,9 triliun. Sebaliknya, jumlah kekayaan pribadi di negara asing secara keseluruhan menurun menjadi 5,9 persen dari total kekayaan penduduk.

Swiss sejauh ini merupakan tujuan penyimpanan kekayaan asing paling populer dengan total harta senilai US$ 2,3 triliun. Berikutnya, Singapura dan Hong Kong menyusul sebagai tempat investasi terfavorit para pengusaha asing.

Berikutnya, Dublin, Irlandia berada di posisi keempat dengan kekayaan asing senilai US$ 1,1 triliun. Terakhir adalah Inggris dengan total aset asing berjumlah US$ 1 triliun. (Sis/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

Video Terkini