Sukses

Insinyur RI Perlu Berperan Aktif Optimalkan Sumber Daya Alam

Para insinyur diharapkan berperan aktif untuk membantu memajukan bangsa dan negara.

Liputan6.com, Jakarta - Persatuan Insinyur Indonesia (PII) menyatakan, Indonesia membutuhkan insinyur yang handal oleh karena itu diharapkan pemerintah menyediakan pendidikan teknik yang berkualitas. Apalagi Indonesia membutuhkan ahli untuk mengelola sumber daya alam yang besar.

Ketua Umum PPI, Bobby Gafur Umar mengatakan, sumber daya alam Indonesia memiliki potensi yang tak terhingga. Oleh karena itu, menurut Bobby, untuk memaksimalkan potensi tersebut diperlukan insinyur-insinyur yang kompeten untuk pembangunan nasional.

"Kita semua tahu  sumber daya alam  demikian luar biasa, potensi tak terhingga. Para insinyur bagaimana berperan aktif membantu memajukan bangsa dan negara," kata dia dalam sambutannya, Jakarta, Kamis (12/6/2014).

Bobby menambahkan, untuk memaksimalkan potensi tersebut, diperlukan transformasi yang besar di bidang keinsinyuran. Kata dia, hal tersebut meliputi pelaksanaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek)  dan tata kelola yang baik.

Tak hanya itu, ia menerangkan diperlukan penguatan regulasi yang diharapkan dapat menyediakan pendidikan keteknikan yang berkualitas.

"Yang perlu dilakukan penguatan regulasi. Pemerintah diharapkan menyediakan pendidikan keteknikan yang berkualitas. Dan kerja sama di bidang keinsinyuran," kata dia.

Selain itu, ia mengatakan diperlukan rancangan yang lebih matang untuk menghadapi tantangan insinyur ke depannya."Kami rencanakan resolusi komprehensif insinyur Indonesia untuk berkarya di masa depan," tukas dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini