Sukses

Pemerintah Cari 5.000 CPNS dari Semua Jurusan

Pemerintah bakal mencari 100 ribu orang putra putri bangsa untuk direkrut sebagai CPNS pada tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar menyatakan dalam perekrutan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun ini memberikan porsi 5% untuk segala jurusan.

Azwar mengatakan, tahun ini pemerintah bakal mencari 100 ribu orang putra putri bangsa untuk direkrut sebagai PNS, dari porsi tersebut diberikan porsi 5% untuk pendaftar yang berasal dari segala jurusan pendidikan.

"Tahun ini, kami membuka 5% jurusan apa saja boleh," kata Azwar saat menghadiri Konfrensi Auditor Internal Pemerintah (AIP) 2014, di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, kamis (12/6/2014).

Menurut Azwar, langkah ini diambil agar putra putri bangsa dari berbagai latar belakang jurusan pendidikan dapat memiliki kesempata besar untuk menjadi PNS.

"Supaya punya kesempatan masuk PNS. Jadi semua orang bisa siap-siap (mendaftar PNS-red)," ungkapnya.

Untuk penerimaan PNS tahun ini, lanjut dia, tidak ada syarat mencantumkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), kartu kuning dan sirat keterangan sehat. Hal ini bertujuan untuk merampingkan prosedural penerimaan pegawai sehinga lebih simpel.

Azwar menambahkan, ketiga dokumen tersebut nantinya akan diminta setelah calon pegawai tersebut dinyatakan lulus berbagai ujian.

"Jadi kami bilang nggak pakai SKCK nanti sudah tamat baru kami minta. Apalagi bikin online kami ubah cara berpikir. Sudah lulus baru kami cek. Polisi juga senanglah tidak capek-capek. Kami bilang gak usah kartu kuning juga begitu," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.