Sukses

Temukan Harta Karun Rp 117,9 Miliar, Pasutri Ini Kaya Mendadak

Pasangan suami istri asal California menemukan koin emas dari abad 19 bernilai US$ 10 juta tertimbun di halaman belakang rumahnya.

Liputan6.com, California - Pasangan suami istri asal California mungkin tak pernah menyangka, sebuah harta karun tertimbun di belakang rumahnya. Pasangan yang hingga kini masih disembunyikan identitasnya tersebut menemukan koin emas dari abad 19 bernilai US$ 10 juta atau setara Rp 117,9 miliar tertimbun di halaman belakang rumahnya.

Mengutip laman Standard Digital, Senin (16/6/2014), pasangan tersebut menemukan koin-koin emas itu saat tengah mengajak anjingnya berjalan-jalan di sekitar tempat tinggalnya. Hunian tersebut memang terletak dekat dengan tempat penambangan emas pada 1894.

"Ini benar-benar temuan yang paling signifikan dari harta karun yang ditemukan di Amerika Utara," kata David McCarthy, seorang spesialis koin Kagin's Inc, sebuah perusahaan numismatik yang berbasis di San Francisco.

Sebagian besar dari koin-koin tersebut akan dilelang dengan tawaran harga terendah senilai US$ 1 juta untuk satu koin US$ 20 dari tahun 1866 tersebut. Pelelangan tersebut akan dilakukan di salah satu kota di San Francisco, di mana sekitar 60 koin akan ditampilkan.

Koin emas bernilai US$ 20 itu memiliki dua gambar elang. Sebagian dari koin-koin tersebut juga akan dimasukkan ke museum.

Sementara dari 1.427 koin yang ditemukan, sebagian kecil diantaranya akan diberikan untuk keluarga. Tak hanya di pelelangan, koin-koin tersebut juga akan dijual di situs online, Amazon.com.

Koleksi koin bernama Saddle Ridge Hoard tersebut ditemukan di dekat lokasi tambang yang pernah beroperasi pada 1847-1894. Koin temuan anjing peliharaan tersebut akhirnya membuat pasangan suami istri asal California kaya mendadak. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.