Sukses

Medco Akuisisi Blok Migas di Tunisia

Kepemilikan efektif berlaku pada 1 Januari 2014 dengan harga pembelian AS$ 114,03 juta.

Liputan6.com, Jakarta - PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) melalui anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, Medco Tunisia Petroleum Limited menandatangani perjanjian akuisisi 100% saham Storm Ventures International (Barbados) Ltd. (SVI) dengan Storm Ventures International (BVI) Ltd.

Direktur Utama Medco Energi Lukman Mafoedz mengatakan kepemilikan efektif berlaku pada 1 Januari 2014 dengan harga pembelian US$ 114,03 juta. Harga ini belum termasuk nilai modal kerja yang akan disesuaikan pada saat penyelesaian akuisisi ini.

Storm Ventures International (BVI) Ltd. adalah anak perusahaan Chinook Energy, Inc. yang terdaftar di Bursa Saham Toronto.

"SVI (bersama-sama dengan anak perusahaannya) merupakan salah satu perusahaan eksplorasi dan produksi yang aktif, dengan kepemilikan hak partisipasi di delapan wilayah kerja E&P di Tunisia," kata Lukman di Jakarta, Senin (16/6/2014).

Di Tunisia, SVI memiliki empat blok eksplorasi, dua blok pengembangan dan dua blok produksi dengan masa kontrak 30 atau 50 tahun.

Dari delapan wilayah kerja ini, lima berlokasi di darat dan tiga di lepas pantai. Semua blok SVI ini berada di area hidrokarbon yang produktif.

Lima blok di darat Adam, Sud Remada, Bir Ben Tartar, Jenein dan Borj El Khadra terletak di Cekungan Ghadames, cekungan yang sama dengan blok Perseroan di Area 47 Libya, dengan temuan minyak dan gas yang besar dan tingkat keberhasilan eksplorasi 90 persen.

Sementara tiga blok lepas pantai lainnya Cosmos, Hammamet dan Yasmin terletak di Cekungan Pelagian, di lepas pantai Timur Laut Tunisia.

Akuisisi ini akan diselesaikan setelah mendapatkan persetujuan Pemerintah Tunisia dan beberapa mitra kerja di blok-blok tersebut.

Setelah akuisisi selesai dilaksanakan, MedcoEnergi akan menambah cadangan Migas 2P dan produksi minyak dan gas sebanyak masing-masing 12,3 MMBOE dan 2.800 BOEPD. 

Tingkat produksi saat ini diperkirakan akan bisa naik hingga 16 ribu BOEPD melalui pengeboran sumur in-fill di blok produksi (Bir Ben Tartar) dan pengembangan Blok Cosmos dan Yasmin yang dijadwalkan selesai pada 2018 dan bisa menambah cadangan 2P Migas sebesar 12,6 MMBOE.

 "Saya gembira dengan akuisisi ini karena akan memperkuat dan memperluas keberadaan perseroan, terutama di kawasan MENA. Selain itu, akuisisi ini juga akan mendukung perkembangan perseroan melalui pengembangan proyek-proyek migas yang baru," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.