Sukses

Menhub Janji KA Jalur Ganda Jakarta-Surabaya Beroperasi Lebaran

Pengoperasian jalur ganda tersebut, maka diharapkan mampu mengurangi kemacetan dan membantu distribusi barang saat Lebaran nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan jalur rel ganda lintas utara (double track) Jakarta-Surabaya bisa beroperasi sebelum Idul Fitri ini.

Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan mengatakan, keyakinan ini karena kendala lahan yang menjadi penghambat pengerjaan proyek tersebut selama ini perlahan mulai bisa diatasi.

"Waktu itu soal lahan, tapi sekarang sudah dan sedang dikerjakan," ujarnya usai rapat kerja dengan Komisi V di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (16/6/2014).

Dia mengatakan, dengan beroperasinya jalur ganda tersebut, maka diharapkan mampu mengurangi kemacetan dan membantu distribusi barang saat lebaran nanti.

"Ini masih kita evaluasi terus agar lebih lancar, terutama agar double track ini mampu mengurangi orang yang akan lewat jalan raya. Kemudian dengan double track ini, maka kargo dan barang-barang bisa diangkut lebih banyak. Nanti keretanya juga makin banyak sehingga kita bisa menghadapi lebaran," jelasnya.

Dia mengaku sangat ingin meresmikan double track tersebut pada bulan ini. Dipastikan peresmian paling telat pada bulan depan.

Seperti diketahui, proyek pembangunan jalur ganda ini memakan anggaran sekitar Rp 10,8 triliun. Dari jumlah tersebut, sebesar Rp 9,8 triliun digunakan untuk pengerjaan konstruksi, sedang sisanya digunakan untuk pembelian peralatan. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini