Sukses

Pameran Produk UKM Kembali Digelar di SMESCO

SMESCO Festival tahun 2014 ini, diikuti 450 peserta dalam 275 stand.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM kembali menggelar pameran produk Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) dalam event SMESCO Festival ke-12 di tahun ini.

"SMESCO Festival merupakan event promosi dan pameran ekspose puncak prestasi pemberdayaan KUKM oleh dinas-dinas yang membidangi urusan KUMKM seluruh Provinsi, Kabupaten Kota, yang diselenggarakan setiap tahun sebagai rangkaian peringatan HUT Koperasi ke 67 Tahun 2014," ujar Deputi Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Emilia Suhaimi di Jakarta, Senin (16/6/2014).

Dia menjelaskan, SMESCO Festival tahun 2014 ini, diikuti 450 peserta dalam 275 stand, yang terdiri dari, pertama, Pameran Propinsi menampilkan produk unggulan KUKM 34 Provinsi dan 49 Kabupaten/Kota.

Kedua, Pameran Internasional menampilkan produk UKM luar negeri binaan atau kerjasama dengan lembaga Internasional, seperti KOTRA-Korea, Taiwan-ICDF, VECO-Indonesia, Netherland-GKSI Jabar, UKM dari Iran, Dubai, Vietnam dan Hongkong.

Ketiga, Pameran Heritage menampilkan produk-produk heritage dan best of the best produk, seperti Batik, Accessories, Kulit, Craft, Home Decor, Fashion, dan lain-lain. Dan keempat, Stand Mitra Dekranas, Yayasan Batik Jawa Barat, Cita Tenun Indonesia, Yayasan Sulam Indonesia.

"Selain itu, diperkaya dengan layanan klinik–klinik Konsultasi: seperti HKI, pengawasan obat dan makanan (BPOM), standarisasi produk (BSN), pemasaran produk KUKM dari LLP, Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) dan acara pendukung lainnya," tutur dia.

SMESCO Festival ke-12 kali ini mengusung tema tema Toward Global Connection, collaboration and Commerce, in conjunction with The ASEM Conference on Green Business.

"Connection, collaboration and Commerce dimaksudkan pameran ini tidak sebatas mempromosikan dan memamerkan produk secara fisik semata, tetapi, SMESCO Festival tahun 2014 merupakan sarana menjalin koneksitas dan kerjasama antara koperasi dan UKM, dengan mitra bisnis dari dalam negeri maupun luar negeri," jelas dia.

Pameran ini diharapkan mampu menarik sekitar 25 ribu pengunjung dengan transaksi bisnis yang ditargetkan minim mencapai Rp 25 milyar selama 4 hari pameran.

SMESCO Festival ini berlangsung di Jakarta Convention Centar (JCC) mulai 19-22 Juni 2014. Pembukaan SMESCO dilakukan bersamaan dengan pembukaan ASEM Conference, pada hari Kamis (19/6/2014) pukul 10.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini