Sukses

ESDM Pakai Koperasi untuk Kembangkan Energi Terbarukan

Kerjasama tersebut bertujuan meningkatkan pengelolaan energi baru terbarukan melalui lembaga koperasi sehingga dapat menyejahterakan rakyat.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan Kementerian Koperasi Usaha Kecil Menengah untuk mengembangkan energi baru terbarukan.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konsevasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan energi baru terbarukan melalui lembaga koperasi sehingga dapat menyejahterakan rakyat.

"Mengoptimalkan kegiatan energi baru terbarukan dengan pemberdayaan masyarakat bentuk koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan," kata Rida saat memberikan laporan kerjasama tersebut, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta,  Selasa (17/6/2014).

Rida menambahkan, kerjasama tersebut meliputi kegiatan fisik seperti pembangunan instalasi Energi Baru Terbarukan dan non fisik seperti  perencanaan kegiatan, penyiapan koperasi lebaga pengelola, dan unit usaha produktif

"Tugas kementerian ESDM menyiapkan program, instalasi, perlatan bimbingan teknis pemanfaantaan EBT," ungkap Rida.

Sedangkan tugas Kementerian Koperasi dan Usahan Kecil Menengah adalah melaksanakan gerakan koperasi, dan memfasilitasi pembentukan koperasi melaksanakan pembinaan dalam pengembangan produktifitas, memfasilitasi pendanaan dalam kegiatan koperasi.

Menurutnya, untuk melaksanakan kesepakatan ini, akan dibentuk kelompok kerja. Segala biaya yang timbul dari kesepakatan bersama akan jadi tanggujawab pihak sesuai dengan tugasnya.

"Pelaksana teknis Ditjen EBTKE. Kerjasama ini Akan dilakukan selama tiga tahun. Kami laporkan selain dihadiri pejabat eselon satu juga dihadiri pada stakeholder," pungkas dia. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini