Sukses

Satu Pelamar CPNS Kini Boleh Pilih Tiga Jabatan

Sebanyak 482 instansi pemerintah yang mendapat formasi dan akan membuka lowongan CPNS pada tahun ini

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menyediakan 100 ribu formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun ini, yang terdiri atas 65 ribu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan 35 ribu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Herman Suryatman mengatakan, pendaftaran CPNS secara online dan terintegrasi (sistem single entry) akan dilakukan pada minggu ketiga Juli 2014, dan tes kompetensi dasar (TKD) dilaksanakan mulai Agustus 2014.

Ia menyebutkan, satu pelamar kini dapat memilih tiga jabatan dalam satu instansi.  “Saat pendaftaran tidak perlu menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Berbadan Sehat, dan Kartu Kuning dari Dinas Tenaga Kerja,” jelas Herman seperti dikutip dari Sekretariat Kabinet, Kamis (19/6/2014).

Untuk CPNS, lanjut Herman, sebanyak 25 ribu formasi disediakan untuk instansi pemerintah pusat, dan 40 ribu formasi untuk pemerintah daerah. Sedangkan PPPK terdiri dari 10 ribu untuk pusat dan 25 ribu untuk daerah.

Herman menyebutkan, terdapat 482 instansi pemerintah yang mendapat formasi dan akan membuka lowongan CPNS pada tahun ini.

"Untuk instansi pusat terdiri dari 31 kementerian dan 40 lembaga. Sedangkan pemerintah daerah terdiri dari 28 pemerintah provinsi dan 383 pemerintah kabupaten/kota,” papar Herman.  (Ndw/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini