Sukses

Tergiur Pasar Deterjen yang Besar, Alasan Kao Bangun Pabrik Baru

Nilai pasar produk deterjen di Indonesia mencapai Rp 5 triliun per tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan di bidang kesehatan dan kecantikan PT Kao Indonesia, meresmikan pabrik kedua di Karawang Jawa Barat senilai US$ 128 Juta. Rencananya pabrik tersebut akan memproduksi deterjen dan popok bayi.

Vice President Marketing Musa Chandra PT Kao Indonesia  mengatakan, keberadaan pabrik baru ini dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Pasalnya, pangsa pasar di Indonesia untuk kedua produk tersebut terbilang cukup tinggi.

"Deterjen pasarnya di Indonesia Rp 5 triliun per tahun, Popok bayi hampir Rp 6 triliun per tahun," kata dia di Karawang, Kamis (19/6/2014).

Namun demikian, ia mengatakan dari potensi yang besar tersebut perseroan hanya mampu menyerap 10%-11% untuk deterjen dan popok sebanyak 5%.

Hal tersebut karena selama ini perusahaan hanya menjual popok impor didominasi kelas menengah atas. Sementara untuk deterjen yang diproduksi  masih kualitas premium sehingga pihaknya mengeluarkan produk terbaru kualitas biasa untuk menjangkau semua lapisan.

Presiden Direktur Michio Koike berharap keberadaan pabrik ini mampu meningkatkan penjualan seiring kenaikan jumlah produksi.

Namun Pihaknya belum merinci peningkatan penjualan tersebut hanya menyebut kenaikan sebesar 2 digit.

"Jadi sekarang angka penjualan belum bisa kita sampaikan, pertumbuhannya 2 digit. Dalam 3 tahun belakang 15%," tukasnya.

Sebagai tambahan, dengan adanya pabrik ini akan menyerap pekerja baru sebanyak 300 hingga 400 tahun 2014. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini