Sukses

Mulai 1 September, Beli Tiket Kereta di Agen Bebas Biaya

Pemberlakuan aturan baru tersebut diharapkan masyarakat akan lebih menggunakan pelayanan agen.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai 1 September 2014 akan mulai memberlakukan aturan harga tiket yang dibeli di agen sama dengan di loket.

"Jadi selama ini kan kalau beli tiket di agen seperti Indomaret ada biaya lebih, sekarang ini sama, kalau di loket harga Rp 100 ribu, dimanapun juga Rp 100 ribu. Itu mulai nanti 1 September 2014," kata Kepala Humas DAOP 1 Jakarta, Agus Komarudin saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (19/6/2014).

Agus mengaku dengan pemberlakuan aturan baru tersebut diharapkan masyarakat akan lebih menggunakan pelayanan agen daripada membeli tiket di stasiun.

Saat ini dari seluruh pembelian tiket KAI, 60% masih melalui layanan agen atau internet. "Ini bentuk peningkatan layanan juga, jadi nanti para calon penumpang tidak perlu melakukan antri di stasiun," jelas Agus.

Pembelian tiket ini tidak hanya berlaku di Pulau jawa, melainkan juga untuk pembelian tiket di Sumatra yang saat ini juga telah menunjukkan banyak peminatnya.

Agus menambahkan, mulai saat itu juga, KAI akan menerapkan sistem share komisi dengan para agen resmi yang sudah menjadi partner KAI selama ini.

"Jadi nanti kita jadi share komisi, untuk presentase komisinya berapa, nanti ada bagiannya sendiri-sendiri," pungkas dia. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.