Sukses

Berapa Jumlah Orang Kaya di Dunia Saat Ini?

Perekonomian global yang sempat diguncang krisis pada 2008 rupanya tak mampu menghentikan laju pertambahan orang kaya di dunia.

Liputan6.com, New York - Perekonomian global yang sempat diguncang krisis pada 2008 rupanya tak mampu menghentikan laju pertambahan orang kaya di dunia.

Laporan dari perusahaan konsultan Capgemini dan Royal Bank of Canada mencatat hampir 2 juta penduduk dunia baru menyandang gelar orang kaya tahun lalu.

Mengutip laman Associated Press, Sabtu (21/6/2014), jumlah tersebut meningkat 15 persen seiring dengan peningkatan nilai saham dan pasar properti. Dua bisnis tersebut merupakan pemicu meningkatkan kekayaan penduduk dunia.

Peningkatan tersebut menambah jumlah orang kaya dunia menjadi 13,7 juta jiwa. Jumlah kekayaan para miliarder tersebut berjumlah hingga US$ 53 triliun pada 2013 atau meningkat 14 persen dari tahun sebelumnya.

Peningkatan jumlah orang kaya ini menambah kesenjangan kesejahteraan antara orang kaya dan miskin khususnya di negara-negara maju.

Dalam laoran tersebut, orang kaya dikategorikan sebagai penduduk yang memiliki kekayaan di atas US$ 1 juta atau Rp 11,97 miliar.

Berdasarkan laporan tersebut, Jepang kini memiliki 425 ribu orang kaya dengan peningkatan sebesar 22 persen. Itu merupakan angka peningkatan terbear sejak 2000.

Sejauh ini, Jepang merupakan negara dengan pertambahan penduduk kaya tertinggi dibandingkan 25 negara teratas lainnya. Pemicu pertambahan tersebut adalah meningkatnya harga-harga saham di Negeri Sakura itu.

Secara global, peningkatan jumlah orang kaya terjadi pada 2009. Sama seperti tahun lalu, indeks-indeks saham saat itu meningkat pesat. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini