Sukses

4 Cara Jitu Berhemat Saat Memulai Bisnis

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi pengeluaran saat memulai bisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pebisnis kecil tengah berjuang mencari cara menyukseskan bisnis mereka. Terutama pada hal terkait operasional dan beban penjualan serta pemasaran.

Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi pengeluaran saat memulai bisnis. Berikut adalah lima cara menyimpan uang saat memulai bisnis kecil Anda melansir laman The Inc.com, Selasa (23/6/2014):

1. Mulai memberi atau berdonasi!

Sulit untuk berpikir jika memberi atau berdonasi bisa membantu menambah pendapatan. Tapi hal itu ternyata sangat mungkin. Di Amerika, 75 persen dari usaha kecil yang menyumbang, pendapatan mereka bertambah 7 persen.

Memang di Amerika, ada kebijakan bagi siapapun yang mau berdonasi senilai US$ 250 atau lebih untuk amal  dan organisasi non-profit dapat menerima pengurangan pajak pada akhir tahun.

2. Gunakan rumah sebagai kantor

Menyewa kantor adalah biaya tetap umum yang tidak bisa dihindari. Apakah Anda menyewa sebuah kantor kecil, atau memiliki bangunan sendiri, hal itu akan tetap mengeluarkan biaya.

Namun, Anda dapat memotong biaya dengan mengoperasikan bisnis dari rumah. Seringkali biaya mendirikan sebuah kantor rumah kecil terbayar dalam jangka panjang, karena dapat mengurangi biaya pajak properti dan sewa kantor.

Anda harus menetapkan sebagian dari rumah secara eksklusif untuk tujuan bisnis; dan itu harus menjadi tempat utama bisnis.

3. Lakukan barter

Ini mungkin strategi yang tampak usang, tapi barter adalah cara yang bagus untuk mendapatkan barang atau jasa atau mempromosikan bisnis Anda tanpa harus menghabiskan uang.

Katakanlah Anda adalah seorang akuntan dan Anda perlu untuk mencetak brosur. Anda dapat menawarkan untuk mengajukan pajak bisnis cetak toko dalam pertukaran untuk pekerjaan cetak besar.

Namun pastikan untuk menulis dan menandatangani perjanjian sebagai hal saham untuk menunjukkan pertukaran barang, jasa tersebut.

4. Unduh aplikasi dan perangkat lunak bisnis yang murah dan gratis

Gunakan aplikasi gratis dan layanan online dan offline untuk mengotomatisasi bisnis Anda, mengurangi dokumen, dan merampingkan proses internal seperti pemasaran.

Kemajuan teknologi pintar telah meningkatkan kemampuan kita untuk menggunakan perangkat kecil untuk memanfaatkan tugas-tugas besar. Ini menghemat waktu dan uang. (Nrm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini