Sukses

10 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Berdagang

Jangan terlalu berharap pada pelatihan penjualan. Pelatihan untuk penjualan pada dasarnya hanya sedikit meningkatan teknik.

Liputan6.com, Jakarta - Berdagang bukanlah hal yang mudah. Kita semua memahami hal itu. Berdagang bukan saja memastikan produk berkualitas saja, namun juga harus memikirkan cara pemasaran yang baik.

Seperti diketahui, untuk melakukan pemasaran bukan sesuatu yang sederhana. Meskipun barang yang dijual berkualitas namun jika tidak bisa meyakinkan maka pembeli akan meninggalkan Anda.

Belum lagi jika seorang pedagang dihadapkan pada pembeli yang banyak maunya. Itu akan menjadi beban tersendiri. Dikutip dari inc.com, ada 10 hal yang perlu diperhatikan saat berdagang:

  1. Poin penting dalan penjualan adalah membantu pelanggan membuat keputusan terbaik, sehingga pelanggan mempunyai rasa puas dalam membeli apa yang Anda jual.
  2. Untuk melahirkan calon pelanggan mulailah sekitar 2 menit hingga 3 menit dari pembicaraan tentang diri Anda, perusahaan, baru produk yang Anda jual.
  3. Seorang pedagang pastilah tidak bisa dilepaskan dari tanggapan yang dingin dari pembeli. Seharusnya, sikap tersebut membuat pembeli kuat dan mudah membangun hubungan dengan pelanggan lain.
  4. Tantangan penjualan adalah mendengarkan pelanggan berbicara. Ada kalanya Anda mendengarkan pelanggan tersebut berbicara dan mendominasi pembicaraan.
  5. Jangan terlalu berharap pada pelatihan penjualan. Pelatihan untuk penjualan pada dasarnya hanya sedikit meningkatan teknik Anda, bukan keseluruhan.
  6. Banyak pembeli biasanya cenderung memiliki sikap tertutup. Maka dari itu, penjual mesti berhati-hati dan mampu menempatkan ego.
  7. Banyak perusahaan menghabiskan dana besar untuk menciptakan merek dan slogan untuk menjual produk mereka. Ini penting karena merek memiliki daya tarik untuk pembeli.
  8. Proses merupakan bagian yang penting. Agar pembeli yakin membeli produk, Anda mesti menemukan percakapan yang bertahap.
  9. Pelanggan yang setia lebih baik daripada pelanggan baru. Maka dari itu tugas anda menjadikan pelanggan yang ada menjadi lebih loyal.
  10. Agar bisnis Anda lancar, maka jalan yang perlu diambil ialah terus-menerus melakukan penjualan. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini