Sukses

Empat Ruas Tol Trans Sumatera Siap Dibangun September

Investasi pembangunan berasal dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memastikan akan membangun empat ruas tol Trans Sumatera pada September ini. Kemungkinan besar proyek dengan nilai ratusan triliun tersebut bakal digarap oleh PT Hutama Karya (HK).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung (CT) menjelaskan, empat ruas tersebut adalah jalur tol yang menghubungkan Bakauheni-Lampung, Palembang-Indralaya, Medan-Binjai serta Pekanbaru-Dumai.

"Ini prioritasnya dan dalam waktu tidak terlalu lama di pemerintahan ini akan dilakukan ground breaking. Tinggal masalah legalitasnya saja yang harus selesai," terang dia di kantornya, Jakarta, Rabu (25/6/2014).

Lebih jauh, investasi pembangunan berasal dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP). Sementara untuk pelaksananya, apakah HK atau perusahaan BUMN lain, pemerintah masih mengkajinya.

Terkait kebenaran anggaran yang dikhabarkan membutuhkan dana senilai Rp 330 triliun, CT menampiknya. "Nggak sebesar itu. Karena kalau perusahaan yang bangun memang maunya yang gede-gede nilainya," ujarnya.

Sementara Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan lebih gamblang menyampaikan soal target ground breaking empat ruas tol Trans Sumatera. "Akan ground breaking September 2014. Pasti bisa dong," sambungnya.

Dia mengaku, dana pembangunan proyek dipenuhi dari BUMN dan melibatkan PIP. Tapi untuk porsinya, Dahlan mengaku belum tahu.

"Porsinya berapa belum tahu karena masih menunggu penugasan. Tapi tanpa Penyertaan Modal Negara (PMN), empat ruas tetap jalan," tegas dia. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini