Sukses

7 Alasan Orang Kaya Ogah Kasih Sumbangan

Jumlah dermawan di dunia saat ini masih terhitung kecil meskipun jumlah miliarder terus bertambah

Liputan6.com, New York - Hampir setiap hari sumbangan bergulir dari tangan-tangan miliarder pada kalangan masyarakat yang membutuhkan. Meski demikian, masih ada sebagian kecil orang kaya yang enggan menyumbangkan uangnya.

Mengutip laman Huffington Post, Sabtu (28/7/2014), itu semua tak berarti karena dirinya pelit atau tak peduli pada orang lain. Hanya saja berbagai kepentingan bisnis dan karir menyibukkan dirinya setiap hari.

Terbukti, jumlah dermawan di dunia saat ini masih terhitung kecil meskipun jumlah miliarder terus bertambah.

Berikut tujuh alasan orang kaya enggan memberikan sumbangan:


1. Terlalu sibuk

Pengusaha yang menjalankan sejumlah perusahaan besar sering menghabiskan banyak waktunya untuk berbisnis. Bahkan untuk sekadar makan malam bersama keluarga, dirinya akan merasa sangat kelelahan.

Mencari waktu untuk memberikan atau sekadar mengingat memberi sumbangan merupakan hal besar yang sulit dilakukannya.

2. Selalu ada kata nanti

Mengapa terburu-buru? Para miliarder berpikir ada banyak waktu tersisa untuk memberikan sebagian uangnya. Sebagian besar miliarder bahkan berpikir terlebih dulu untuk dan menyusun rencana matang sebelum menggelontorkan uangnya.

3. Kesulitan memilih

Dengan waktu yang super sibuk para miliarder merasa kesulitan memilih tempat yang tepat menjatuhkan pilihan sumbangannya. Bahkan salah satu pendiri Google mengaku sangat kebingungan menentukan pilihan pemberian sumbangan yang tepat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Tak mau sering diminta

Sejumlah orang kaya merasa enggan memberikan sumbangan karena permintaan donasi akan terus meningkat setelah dirinya memberi sekali. Jika mengatakan tidak itu merupakan hal yang sulit, tak sulit untuk sekadar berhenti memulainya.

5. Asetnya sulit dikeluarkan

Banyak orang kaya yang tidak memegang uang tunai. Kebanyakan kekayaannya berupa aset yang sulit dicairkan seperti investasi dalam bentuk obligasi dan saham.

6. Menunggu agar lebih kaya

Alasan lain mengapa para orang kaya tidak mendonasikan uangnya adalah karena menunggu hartanya terus bertambah. Pasalnya, aset yang diinvestasikan hari ini dapat meningkat jauh lebih tinggi pada beberapa tahun ke depan.

7. Tidak peduli pada orang lain

Alasan terakhir yang menyebabkan orang kaya enggan menyumbangkan sebagian kecil hartanya untuk orang lain kemungkinan karena rendahnya rasa empati. Bahkan sebuah penelitian menemukan 5 persen dari miliarder terkaya dunia sangat takut jatuh miskin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.