Sukses

Soal Tigerair Mandala, Lion Air Tunggu Intruksi Kemenhub

Lion Air masih mengkaji pengambilalihan rute yang ditinggalkan oleh Mandala.

Liputan6.com, Jakarta - Menyusul penghentian operasional PT Mandala Airlines mulai 1 Juli 2014, ada empat rute penerbangan Tigerair Mandala milik maskapai tersebut yang rencana akan ditawarkan kepada maskapai lain untuk mengisinya. Salah satu yang dikabarkan tertarik yaitu PT Lion Mentari Airlines.

Namun hal tersebut dibantah oleh Direktur Umum Lion Air Edward Sirait. Menurutnya maskapai pengisi rute yang ditinggalkan oleh Mandala sepenuhnya akan diatur oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Filosofinya nanti Kementerian Perhubungan yang mengatur," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Edward mengatakan, Lion Air masih mengkaji pengambilalihan rute yang ditinggalkan oleh Mandala. Hal ini karena saat ini Lion Air juga telah melakukan penerbangan pada rute-rute tersebut.

"Kami juga telah terbang pada rute-rute yang telah mereka (Mandala) terbangi," tandas dia.

Seperti diketahui, Mandala telah mengumumkan penghentian operasional terhitung 1 Juli 2014. Keputusan tersebut diambil setelah mempertimbangkan sejumlah faktor seperti kondisi pasar dan biaya operasional yang meningkat akibat dari depresiasi rupiah.

Adapun empat rute yang ditinggalkan oleh Mandala dan akan ditawarkan kepada maskapai lain yaitu Jakarta-Pekanbaru, Pekanbaru-Yogyakarta, Jakarta-Denpasar, dan Denpasar-Palembang. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini