Sukses

Mau Beli Rumah? Simak Dulu Tips Berikut

Tak hanya masalah dana, lokasi dan lingkungan perumahan juga menjadi faktor pertimbangan seseorang dalam memilih rumah yang akan dibeli.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi setiap manusia. Rumah adalah tempat berteduh  dan membina sebuah keluarga.

Untuk itu, memiliki rumah sendiri merupakan impian bagi setiap orang. Namun terkadang, dana yang kita miliki terbatas sementara harga rumah terus melangit.

Tak hanya masalah dana, lokasi dan lingkungan perumahan juga menjadi faktor pertimbangan seseorang dalam memilih rumah yang akan dibelinya. Bahkan, ada orang yang menghabiskan bertahun-tahun, pergi ke sana kemari hanya untuk tipe hunian yang pas untuk mereka.

Dilansir dari Lifehack.com, Minggu (29/6/2014) terdapat 11  hal penting yang mesti diperhatikan dalam memilih rumah yaitu:

1. Pahami Keuangan

Sebelum  membeli rumah, pastikan Anda tahu persis bagaimana kondisi keuangan Anda. Jika membelinya secara mencicil, pastikan Anda memiliki uang muka yang cukup dan gaji bulanan yang memadai untuk membayar kredit rumah.

2. Teliti Lingkungan

Anda bisa mencari tahu keadaan lingkungan yang tepat tentang hunian  melalui situs-situs pemerintah, lembaga pariwisata, forum komunitas maupun blog. Dengan pencarian ini anda bisa tahu keadaan lingkungan rumah yang anda impikan.


3. Lakukan Uji Coba

Untuk menghindari kejutan yang tidak diinginkan, sebaiknya anda melakukan pengecekan terhadap lingkungan rumah tersebut. Pengecekan itu seperti menghitung waktu Anda berkendara dari rumah ke kantor pada jam-jam sibuk.


4. Teliti

Pastikan agen perumahan memberikan segala sesuatu yang anda butuhkan. Anda juga harus berhati-hati dalam melihat penawaran dan hati-hati menandatangani surat dalam bentuk apapun.

Tak hanya itu, Anda juga perlu mengetahui tentang riwayat rumah yang akan beli.

5. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Penting bagi anda untuk menjadwalkan pemeriksaan sebelum membeli rumah. Anda perlu tahu secara keseluruhan rumah, dan jika ada yang rusak Anda bisa tahu biaya yang akan dikeluarkan. Anda bisa meminta penjual membayar sebagian atau keseluruhan untuk setiap perbaikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya


6. Rajin berkunjung


Sebelum membeli rumah, Anda mesti melakukan kunjungan di berbagai waktu, baik akhir pekan, waktu kerja, pagi, siang, sore dan malam hari. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi lingkungan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Tahu Pajak dan Biaya Lain

Anda perlu mengatahui berapa besaran pajak, tarif listrik, dan lainnya. Pasalnya hal tersebut mempengaruhi pengeluaran setiap bulannya.

8. Periksa Fasilitas Sekitar Rumah

Fasilitas sekitar rumah seperti taman, kolam renang, dan jalan penting bagi anda. Maka dari periksalah lingkungan tersebut, karena lingkungan mempengaruhi kualitas hidup anda.

9. Hubungan dengan tetangga

Lakukanlah perbincangan dengan tetangga sekitar rumah agar mendapatkan kesan yang baik. Hal ini dikarenakan, tetangga merupakan orang terdekat yang paling mengetahui kita jika terjadi sesuatu.

10. Rencanakan Biaya untuk Pembelian Furnitur

Sebuah tempat tinggal pastinya memerlukan perabotan. Jika anda tak memiliki cukup banyak untuk membeli perabotan, anda bisa membeli di pasar loak.

11. Pertimbangkan Masa Depan

Membeli rumah merupakan sebuah investasi yang besar. Maka dari itu, pastikan rumah yang anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda di masa depan. Adapun beberapa faktor yang anda pertimbangkan seperti berapa anak yang ingin Anda miliki, dana pensiun dan perubahan dalam hidup anda. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.