Sukses

Ini Biaya Tambahan Gerus Penghasilan yang Dapat Dihindari

Menyesuaikan gaya hidup sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan menjadi tantangan berat bagi seseorang.

Liputan6.com, New York - Membuat anggaran merupakan langkah pertama untuk mengendalikan keuangan Anda. Namun menyesuaikan gaya hidup sesuai anggaran yang ditetapkan menjadi tantangan berat.

Bahkan ketika Anda telah memperhitungkan biaya setiap minggu, bulan, atau tahun entah bagaimana akhirnya Anda membutuhkan lebih banyak uang dari pada yang dialokasikan. Jika ini terdengar seperti yang dialami, berikut lima hal yang menyebabkan anggaran Anda membengkak dan dapat dihindari seperti dikutip dari ABC News, Senin (30/6/2014).

1. Biaya "Pemeliharaan" Rekening

Bank dan kartu kredit menambahkan biaya untuk "memelihara" rekening. Tambahan biaya itu akan membengkak bila Anda tidak menjaganya dengan baik. Jadi sebaiknya baca persetujuan rekening dengan baik. Lalu cek jasa bank dan kartu kredit yang ditawarkan.

2. Mendaftar majalah dan website online

Meski biaya yang ditawarkan menarik, subscription majalah dan online dapat membuat anggaran bertambah. Biaya subcription majalah dan online ini dapat menganggu anggaran apalagi bila tidak menggunakannya. Anda sebaiknya mencari majalah online gratis.

3. Bunga Kartu Kredit

Kartu kredit memiliki sejumlah fitur menarik seperti membuat Anda dapat membeli barang sekarang, dan bayar nanti, menyediakan kas dan membantu Anda untuk liburan. Akan tetapi pembayaran kartu kredit tiap bulan dapat menganggu anggaran.

Sebaiknya Anda memperhatikan bunga kredit yang ditawarkan. Lalu setiap bulan sebaiknya membayar tagihan setiap bulan dengan tepat waktu.

4. Tagihan telepon dan TV kabel

Banyak rumah tangga membayar ratusan dolar untuk televisi, internet, handphone dan biaya lainnya setiap bulan. Meski betapa nyamannya alat tersebut, tetapi hal itu juga menggerus anggaran kita.

Coba Anda cermat melihat tagihan dan mencoba untuk memprioritaskan layanan yang diperlukan dan tidak mulai dari air conditioning dan televisi. Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak membayar jasa yang tidak dibutuhkan. Jika solusi itu tidak membawa dampak besar bagi Anda coba untuk mempertimbangkan alternatif lain seperti layanan pra bayar dan menghentikan layanan tv kabel.

5. Biaya Tambahan Saat Transaksi

Biaya tambahan dapat dikenakan untuk menggunakan barang dan jasa dalam transaksi merupakan salah satu taktik bisnis tertentu. Ini termasuk tagihan secara online. Meski jumlahnya tidak besar tetapi ini dapat menambahkan hingga lebih dari satu tahun sehingga ini dapat melebihi dari anggaran.

Oleh karena itu memiliki dana darurat dapat menjadi bantuan besar. Uang ini dapat menyelamatkan Anda dari beban pikiran ketika tiba-tiba ada anggaran tambahan. Namun ketika Anda menggunakan dana darurat itu sebaiknya segera menggantikannya. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini