Sukses

Harga Cabai Susut, Bawang Merah Naik Drastis di Makassar

Pada bulan ini, memang masuk masa panen cabai dan tomat di beberapa Kabupaten di Sulawesi Selatan.

Liputan6.com, Makassar - Fluktuasi harga bahan pangan pokok seperti sayuran juga terjadi di luar Pulau Jawa. Di salah satu Pasar Tradisional Pa'baengbaeng, Makassar, harga kebutuhan pokok seperti cabai, dan tomat malah turun drastis, sementara harga bawang justru melonjak.

Salah satu pedagang Pasar Tradisional Pa'baengbaeng, Ahmad, mengaku jika harga cabai memang mengalami penurunan harga dari biasanya. Cabai yang biasanya dipatok Rp 30 ribu per kilogram (kg) turun menjadi Rp 20 ribu per kg.

"Turunnya harga cabai menjelang Ramadan dikarenakan banyak stok yang masuk," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, senin (30/6/2014).

Ahmad menjelaskan pada bulan ini, memang masuk masa panen cabai dan tomat di beberapa Kabupaten di Sulawesi Selatan, sehingga pasokan kebutuhan pokok bertambah.

Bukan hanya cabai, harga tomat juga mengalami penurunan harga. Tomat yang biasanya Rp 10 ribu per kg, turun menjadi Rp 6.000 per kg.

Meski harga cabai dan tomat mengalami penurunan harga, komoditi lainnya seperti bawang merah dan gula merah mengalami lonjakan harga jelang bulan suci Ramadan ini. Harga awal bawang merah Rp 18 ribu per kini naik mencapai Rp 35 ribu per kg. (Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.