Sukses

Tes CPNS Pakai Sistem CAT, Negara Hemat 6 Ton Kertas Ujian

Rencananya pendaftaran CPNS secara online dan terintegrasi dengan sistem single entry akan dilakukan pada minggu ketiga Juli 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) bakal menggelar tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 serentak pada minggu pertama Agustus 2014. Rencananya, seluruh tes ini akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Sistem ini akan mengganti sistem pengisian lembar tes yang sebelumnya dilakukan menggunakan kertas jawaban dan nantinya akan menggunakan komputer.

"Dengan begitu, 6 ton kertas yang dipakai untuk ujian CPNS pada 2013 itu hilang semua," kata Kabag Humas dan Komunikasi Publik Kemenpan-RB, Suwardi saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (1/7/2014).

Surwadi menyebutkan, pelaksanaan tes dengan menggunakan CAT memiliki sejumlah keunggulan yaitu peserta tes dapat mendaftarkan diri melalui internet, hasil tes bisa diketahui secara langsung, dan penilaian dilakukan secara obyektif.

"Dari sisi pengawasan, jumlah pengawas ujian juga tak perlu banyak," tuturnya.

Pemerintah segera membuka lowongan untuk 100 ribu formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun ini, yang terdiri atas 65 ribu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan 35 ribu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Rencananya pendaftaran CPNS secara online dan terintegrasi dengan sistem single entry akan dilakukan pada minggu ketiga Juli 2014, dan tes kompetensi dasar (TKD) dilaksanakan mulai Agustus 2014. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

    CPNS

Video Terkini