Sukses

SKCK Peserta CPNS Diminta Setelah Lolos Seleksi

Selain memberikan kemudahan, metode tersebut juga dinilai akan memberikan penghematan.

Liputan6.com, Jakarta - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun ini akan lebih mudah dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya sebagai persyaratan para peserta seleksi CPNS wajib mengirimkan berkas administrasi seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan kesehatan dan kartu kuning terlebih dahulu, maka pada seleksi tahun ini berkas-berkas tersebut akan diminta setelah peserta lolos seleksi.

"SKCK, surat keterangan kesehatan dan lain-lain itu akan dinantikan. Setelah diterima baru dimintakan persyaratan itu. Kalau tidak sehat, dia gugur," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar saat konferensi pers di Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta, Selasa (1/7/2014).

Selain memberikan kemudahan, metode tersebut juga dinilai akan memberikan penghematan karena seluruh peserta tidak perlu mengurus berkas-berkas tersebut, namun hanya yang nantinya lolos seleksi saja yang wajib menyerahkan persyaratan itu.

"Ini bisa hemat pengeluaran. Karena untuk mengurus itu kan pasti perlu biaya. Kalau dilihat dari jumlah peserta secara total, mungkin bisa hemat sekitar Rp 150 miliar," katanya.

Sementara itu untuk soal seleksi CPNS, Azwar mengungkapkan bahwa hal tersebut masih akan dibicarakan dengan kementerian dan lembaga masing-masing.

"Memang ada keinginan kementerian dan lembaga yang ingin agar dibuat sesuai daerah masing-masing karena kalau sama tidak semua daerah bisa menyesuaikan. Ini diserahkan pada masing-masing kementerian dan lembaga. Itu akan diatur nanti," tandasnya. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

    CPNS

Video Terkini