Sukses

Cek Di Sini Jadwal Simulasi CAT Tes CPNS di Beberapa Kota

Dari simulasi CAT yang telah dilakukan di Jakarta dan Bogor sebelumnya, terlihat antusiasme calon peserta seleksi CPNS yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) kembali menggelar simulasi Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di sejumlah kota besar.

Menteri PAN-RB Azwar Abubakar mengatakan, dari simulasi CAT yang telah dilakukan di Jakarta dan Bogor sebelumnya, terlihat antusiasme calon peserta seleksi CPNS yang tinggi.

"Dengan mencoba simulasi CAT, diharapkan para peserta menjadi familiar ketika nantinya mengikuti tes CPNS. Calon peserta juga diharapkan bisa lebih berkonsentrasi dan mempelajari kisi-kisi yang akan diujikan dalam tes," ujardia saat konferensi pers di Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta, Selasa (1/7/2014).

Dia menjelaskan, materi tes kompetensi dasar (TKD) terdiri dari 3 kelompok soal. Pertama, wawasan kebangsaan yang meliputi Pancasila, UU 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Kedua, karakteristik pribadi yang meliputi integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pelayanan dan lain-lain.

Ketiga, intelegensia umum yang meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis dan kemampuan berpikir analitis.

Azwar mengungkapkan, dari pengalaman simulasi sebelumnya banyak peserta yang tidak bisa memenuhi passing grade, padahal secara kumulatif nilainya tinggi.

Umumnya para peserta unggul pada salah satu kelompok soal, tetapi jatuh pada kelompok soal lain.

"Ini harus menjadi perhatian. Usahakan agar masing-masing kelompok soal memenuhi passing grade dengan skor maksimal," katanya,

Pendaftaran seleksi CPNS 2014 akan dilaksanakan pada Juli dan TKD dimulai pada Agustus 2014. Pendaftaran dilakukan secara online dengan sistem single entry. Pelamar dapat memilih tiga pilihan jabatan pada satu instansi.

Selain itu, pesyaratan pendaftaran juga akan dipermudah karena saat mendaftar tidak diperlukan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan sehat dan kartu kuning. Persyaratan administrasi itu baru diserahkan jika pelamar dinyatakan diterima menjadi CPNS.

Berikut jadwal simulasi CAT di beberapa kota besar:

- 3-4 Juli 2014 di Univesitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat.
- 8 Juli 2014 di Denpasar, Bali.
- 14 Juli 2014 di Semarang, Jawa Tengah.
- 16 Juli 2014 di Surabaya, Jawa Timur.
- 18 Juli 2014 di Makassar, Sulawesi Selatan.
- 22 Juli 2014 di Medan, Sumatera Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

    CPNS

Video Terkini