Sukses

PT KAI Bakal Ganti Semua Gerbong Kereta Api dalam 7 Tahun

Saat ini ada 1.600 gerbong yang digunakan KAI yang sebagian besar sudah berusia tua.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengaku akan mengganti seluruh gerbong kereta yang sudah berusia lanjut yang hingga kini masih dioperasikan.

Direktur Utama PT KAI, Ignatius Jonan mengatakan, penggantian gerbong tersebut merupakan bentuk peningkatan fasilitas dan pelayanan KAI dalam jangka pendek.

"Kami berencana untuk mengganti semua kereta penumpang jarak jauh yang istilahnya gerbong itu, baik kelas ekonomi maupun non ekonomi itu dalam tujuh tahun, di mulai tahun ini," kata Jonan saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (3/7/2014).

Penggantian gerbong ini dimulai dengan akan diserah terimakan dua rangkaian gerbong baru untuk kelas Ekonomi AC dari PT INKA ke Kementerian Perhubungan selaku pihak regulator pemesanan kereta api dalam beberapa hari ke depan.

Dengan adanya dua rangkaian kereta baru ini maka akan meningkatkan kapasitas angkut PT KAI terutama dalam menghadapi musim mudik lebarang tahun 2014.

"Sebenarnya saya berharap ada lima hingga enam rangkaian baru kelas eksekutif, cuma telat. Mudah-mudahan nanti operasi natal tahun baru tiba," tegasnya.

Dikatakan oleh Jonan, setidaknya hingga saat ini ada 1.600 gerbong yang digunakan KAI yang sebagian besar sudah berusia tua. Bahkan ada gerbong yang digunakan sejak tahun 1960-an.

Mengenai pengadaannya Jonan mengaku akan tetap menawarkan pengadaan ini kepada Industri Produksi Kereta dalam negeri dalam hal ini PT INKA.

"Tetap kami akan tawarkan utamanya ke lokal dulu, kalau INKA bisa, ya kami pakai INKA. Bisa itu dalam arti bisa sesuai kapasitas, kalau kurang yang sebagian kami beli dari luar," tutup Jonan. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini