Sukses

Dirgahayu AS, Obama Minta Sistem Imigrasi Diperbaiki Demi Ekonomi

Obama mengingatkan pentingnya membenahi sistem imigrasi di AS guna memperoleh generasi yang jauh lebih baik.

Liputan6.com, Washington - Penduduk Amerika Serikat (AS) di seluruh pelosok negeri tengah berbahagia merayakan ulang tahun negara yang ke-238.

Dalam kesempatan itu, Presiden AS Barack Obama mengumandangkan sejumlah sistem birokrasi yang perlu diperbaiki guna mencapai pertumbuhan yang lebih baik.

Mengutip laman Voice of America, Sabtu (5/7/2014), Obama mengingatkan pentingnya membenahi sistem imigrasi di AS guna memperoleh generasi yang jauh lebih baik. Generasi tersebut diharapkan dapat berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi AS.

"Kita tak boleh mempersulit orang-orang terbaik dan tercerdas untuk masuk ke negara kita. Mereka dapat menciptakan lowongan pekerjaan dan menumbuhkan perekonomian kita," ungkap Obama dalam pidato kenegaraannya saat merayakan hari ulang tahun AS.

Obama mengatakan, para pendatang baru yang merupakan pasangan dari tentara militer atau bidang lain bagaikan alarm bagi AS bahwa negaranya juga milik para imigran.

Obama menjelaskan, kini sistem imigrasi AS berada dalam kondisi yang sangat goyah. Dia berjanji akan melakukan apapun guna membuat sistem tersebut efisien dan lebih mudah diakses.

Isu imigran memang cukup signifikan mengingat puluhan ribu anak imigran hidup tanpa orang tua. Seluruh imigran tersebut menyebrang ke kawasan Amerika Tengah secara ilegal. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.