Sukses

Ini Keuntungan Sistem CAT Bagi Peserta Tes CPNS

Tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 digelar pada minggu pertama Agustus 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) bakal menggelar tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 pada minggu pertama Agustus 2014. Rencananya, seluruh tes ini akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Sistem ini akan mengganti sistem pengisian lembar tes yang sebelumnya dilakukan menggunakan kertas jawaban dan nantinya akan menggunakan komputer.

Apa kelebihan sistem seleksi ini dibandingkan menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK)?

Kasubag Informasi KemenPAN-RB Suwardi menyatakan, pelaksanaan tes dengan menggunakan CAT memiliki sejumlah keunggulan yaitu peserta tes dapat mendaftarkan diri melalui internet, hasil ujian bisa langsung diketahui setelah ujian selesai, dan penilaian dilakukan secara obyektif.

Tak hanya itu, sistem ini juga bisa membantu pemerintah dalam menciptakan standarisasi hasil ujian dan mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian.

"Dari sisi pengawasan, jumlah pengawas ujian juga tak perlu banyak," tuturnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (7/7/2014).

Melalui sistem ini, pemerintah juga bisa menghemat anggaran karena tidak lagi dibutuhkan kertas ujian. Suwardi memprediksi sekitar 6 ton kertas akan dihemat dengan digunakannya sistem CAT.

Pemerintah segera membuka lowongan untuk 100 ribu formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun ini, yang terdiri atas 65 ribu CPNS, dan 35 ribu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Rencananya pendaftaran CPNS secara online dan terintegrasi dengan sistem single entry akan dilakukan pada minggu ketiga Juli 2014, dan tes kompetensi dasar (TKD) dilaksanakan mulai Agustus 2014. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.