Sukses

Pemerintah Bakal Beri Insentif untuk Produsen Ponsel 4G Lokal

Impor ponsel saat ini mencapai lebih dari 60 juta unit per tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Hadirnya produsen ponsel pintar atau smartphone generasi keempat (4G) di Indonesia untuk pertama kalinya mendapat sambutan baik dari pemerintah. Bahkan demi menyokong industri ponsel dalam negeri, pemerintah akan memberikan insentif.

Menteri Perindustrian, MS Hidayat mengatakan, pemerintah optimistis produsen ponsel lokal bisa menciptakan seluruh komponen ponsel 4G sendiri. "Bisa dibangun di dalam negeri tapi secara bertahap misalnya dalam lima tahun. Sekarang kan komponennya baru 30 persen yang bisa diproduksi di sini," ujarnya di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (7/7/2014).

Lebih jauh kata Hidayat, pemerintah sedang menggenjot produksi komponen ponsel lokal sampai 50 persen.

Syaratnya supaya bertumbuh tentu harus ada beberapa insentif. "Kami sudah target ke mereka karena kami akan memberikan beberapa insentif dalam hal produksi dan impornya seperti tax holiday, PPh, dan sebagainya. kami dorong habis industri ini jika mereka menjalankan program lokalisasi atau pembuatan komponen di dalam negeri," terangnya.

Dia mengaku, insentif mampu merangsang industri ponsel dalam negeri agar semakin menggeliat mengingat dari sisi aspek teknologi sangat dinamis atau berubah sangat cepat.

Hidayat berjanji akan memperjuangkan kebijakan insentif tersebut. Sebab dengan kebijakan ini akan memberikan keleluasaan pada industri tanah air agar impor menyusut. Sekadar catatan, impor ponsel saat ini mencapai lebih dari 60 juta unit per tahun.

"Saya akan perjuangkan segala ketentuan yang masih memungkinkan agar mereka memperoleh kemudahan. Begitu nanti industrinya mulai kuat baru kita akan proteksi, karena ini akan memberikan previllage kepada kita sehingga impor ponsel akan berkurang," tandasnya. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.