Sukses

5 Cara Bertahan dari Tekanan Kerja

Menggunakan waktu untuk tidur siang sejenak bisa membantu untuk mengurangi ketegangan.

Liputan6.com, Los Angeles - Reporter: Ian Andrew

Ritme kerja yang cukup tinggi saat ini membuat seseorang gampang didera stres. Tugas yang menumpuk, tanggung jawab segudang dan juga komitmen akan deadline membuat seseorang masuk dalam belenggu stres.

Padahal, tanggung jawab dan komitmen tersebut sangat dibutuhkan dalam kondisi kerja yang cukup kompetitif seperti saat ini.

Oleh sebab itu, menjaga suasana hati dan pikiran agar tidak didera stres sangat diperlukan. Suasana hati dan pikiran yang tetap tenang dan terkendali justru sangat dibutuhkan saat pekerjaan menumpuk.

Mengutip laman Magforwoman.com, Kamis (10/7/2014), ada beberapa cara agar kita bisa tetap tenang saat berada dalam tekanan kerja yang berlebihan. Berikut caranya:

1.Tarik nafas yang panjang

Sebuah penelitian menunjukkan ketika Anda marah atau di bawah tekanan, nafas Anda menjadi sangat dangkal. Nafas dangkal tersebut akan melepas hormon stres.

Untuk menghindari keluarnya hormon stres tersebut, maka triknya adalah menarik nafas dalam-dalam saat berada dalam tekanan. Fokuskan waktu sejenak untuk mengatur pernafasan dan tarik dalam-dalam untuk menenangkan diri.

2. Luangkan waktu sejanak

Jika memungkinkan, saat Anda didera stres, luangkan waktu sebentar untuk keluar dari tekanan. Berjalan-jalan atau mendengarkan musik bisa menjadi pilihan.

Anda juga bisa pergi sebentar ke toilet dan membasuh muka untuk sedikit memberikan kesegaran. Berjalan naik turun tangga juga bisa dijadikan sebagai pilihan untuk sedikit rileks.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya


3.Tetap optimis

Memandang sesuatu dengan positif bisa memberikan sedikit keringanan beban saat berada dalam tekanan.

Memandang sesuatu dengan positif dan menggunakan kata-kata positif bisa membantu Anda untuk menjadi sedikit tenang.

4.Tidur Siang

Menggunakan waktu untuk tidur siang sejenak bisa membantu untuk mengurangi ketegangan. Tidur siang hanya dalam waktu 20 menit atau 30 menit bisa sangat membantu untuk melepaskan stres.

Tidur memberikan ruang kepada otak untuk istirahat sejenak sehingga saat bangun bisa kembali dengan semangat yang baru.

5. Berdoa

Berdoa bisa sangat membantu anda dalam menghadapi situasi stres. Dengan menceritakan sedikit masalah Anda kepada Tuhan dan memohon bimbingannya, akan memberikan perasaan tenang kepada Anda.

Dengan berdoa, kepercayaan diri Anda akan kembali tumbuh untuk menyelesaikan berbagai beban pekerjaan yang ada di pundak Anda. (Ian Andrew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.