Sukses

Sriwijaya Air Minati Rute Yogyakarta-Pekanbaru Milik Mandala

Kemenhub akan memberikan rute penerbangan milik maskapai Mandala Tiger kepada Citilink, Lion Air dan Nam air.

Liputan6.com, Jakarta - PT Sriwijaya Air melalui anak usahanya Nam Air mengaku siap mengambil alih beberapa rute milik Mandala Air yang telah menyatakan tidak beroperasi mulai 1 Juli 2014.

Corporate Secretary Sriwijaya Air, Agus Soedjono mengungkapkan, salah satu rute yang rencananya akan diambil alih oleh Nam Air adalah rute Yogyakarta-Pekanbaru.

"Kami sudah ajukan, pkoknya dimana kami belum ada yang ke sana, kami ajukan, yang penting bisnis, misal Jogja-Pekanbaru itu kami belum ada," katanya di Jakarta, Selasa (8/7/2014).

Hingga saat ini pihak Sriwijaya Air masih menunggu keputusan dari Kementerian Perhubungan terkait kapan rute tersebut akan mulai diterbangkan.

"Prosesnya lama,  biasanya satu bulan, tapi sebenarnya kalau kami feasibility study cepat, saya pikir dua minggu bisa," tambahnya.

Dikhabarkan, Kementerian perhubungan (Kemenhub) akan memberikan rute penerbangan milik maskapai Mandala Tiger kepada Citilink, Lion Air dan Nam air.

Ketiga maskapai tersebut dianggap cocok untuk menjalankan rute yang selama ini terbangkan oleh maskapai yang yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Saratoga Grup tersebut.

"Citilink itu rutenya satu, Lion air ada dua rute dan Nam air satu rute," ujar Direktur Angkutan Udara Kemenhub Djoko Moerjadmodjo.

Rute milik Mandala yang akan diambilalih ketiga maskapai tersebut antara lain Jakarta- Pekanbaru, Pekanbaru-Yogyakarta, Yogyakarta-Denpasar dan Jakarta-Denpasar.

Namun Djoko menyatakan pihaknya baru akan mengumumkan secara resmi pengambialihan rute-rute tersebut pada minggu ini. Sehingga belum dapat diketahui jatah rute dari masing-masing maskapai. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini