Sukses

Gaet Buruh Bangladesh, Sriwijaya Bakal Buka Rute Medan-Dhaka

Pembukaan rute tersebut untuk memperkuat rute internasional setelah sebelumnya membuka penerbangan ke Tiongkok dan Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Sriwijaya Air mengaku akan membuka rute baru internasional yaitu Medan-Dhaka (Bangladesh) pada bulan September 2014.

Direktur Komersial Sriwijaya, Toto Nursatyo mengatakan pembukaan rute tersebut untuk memperkuat rute internasional setelah sebelumnya membuka penerbangan ke Tiongkok dan Malaysia.

Toto menjelaskan hal utama yang akan menjadi tujuan penumpang Sriwijaya adalah para pekerja Bangladesh yang bekerja di Malaysia.

"Ini sebuah inovasi juga hasil kerja keras teman-teman dalam mendapatkan pasar baru. Ini pasar tenaga kerja Bangladesh yang kita angkut ke Malaysia, yang membuat hub di Medan, dan ini menjadi kreasi baru bagi kita," ungkapnya seperti ditulis Rabu (9/7/2014).

Toto menjelaskan setidaknya saat ini terdapat sekitar 300 ribu pekerja asal Bangladesh yang mencari pendapatan di Negeri Jiran itu. Mayoritas dari pekerja itu dikatakan Toto adalah pekerja buruh bangunan.

Dipilihnya Medan menjadi salah satu tempat transit mengingat Bandara Internasional Kualanamu merupakan salah satu hub Sriwijaya untuk Indonesia wilayah barat.

Sementara untuk mengimbangi pembukaan rute tersebut di waktu yang sama nantinya juga akan ditambah frekuensi rute penerbangan ke beberapa kota di Malaysia seperti Ipoh, Trenggani dan Pineng yang semua diberangkatkan dari Medan.

"Kita tidak bisa langsung dari Dhaka ke Ipoh karena itu pasarnya Malaysia, jadi kita tarik ke Medan dulu tapi pasar di sana (Malaysia)," kata Toto.

Rencananya rute-rute baru ini akan dilayani dengan pesawat jenis Boeing 737-800 yang sebelumnya beberapa pesawat tersebut di kandangkan mengingat bagian dari menciptakan efisiensi perusahaan. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini