Sukses

Terjadi Semburan di Sumur West Belani-8 Musi Rawas Utara

Atas kejadian tersebut seluruh kru termasuk warga dalam radius 300 meter dari sumur langsung dievakuasi.

Liputan6.com, Jakarta - Sumur West Belani-8, Lapangan West Belani, Blok Merangin II yang dioperasikan kontraktor kontrak kerja sama (kontraktor KKS) Sele Raya mengalami semburan liar tidak terkendali (blow out) pada Senin (7/7/2014).

Kepala Bagian Humas, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Handoyo Budi Santoso mengatakan semburan liar yang terjadi pada Sumur terletak di Desa Belani, Kecamatan Bingin Teluk, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan terjadi saat dilakukan pengeboran sumur di kedalaman 2.160 kaki, semburan gas yang kemudian membakar menara pengeboran (rig).

Atas kejadian tersebut seluruh kru termasuk warga dalam radius 300 meter dari sumur langsung dievakuasi. Garis polisi dipasang dalam radius 300 meter agar tidak ada warga sekitar yang mendekat.

"Hal ini mengingat api masih setinggi 30 meter disertai asap hitam," kata, Handoyo, di Jakarta, Rabu (9/7/2014).

Menurut dia, tidak ada laporan korban jiwa dari kejadian ini. Sedangkan berdasarkan pengamatan fisik dan gas detektor juga tidak ditemukan kebocoran gas di luar area lokasi yang telah disterilisasi.

Pasca kejadian, SKK Migas langsung menugaskan pekerja dari Divisi Survei dan Pengeboran, serta perwakilan SKK Migas wilayah Sumatera Bagian Selatan untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Untuk menanggulangi kebakaran diturunkan dua unit pemadam kebakaran dengan kapasitas 5.000 dan 3.500 liter. Sele Raya dibantu tim pemadam kebakaran dari PT. Pertamina EP Field Pendopo.

Dalam menangani blow out, saat ini masih ditunggu personel dan peralatan dari Halliburton dari Houston, USA dan Singapura.

Sele Raya juga meminta bantuan Pertamina untuk mendatangkan personel well control untuk melakukan evaluasi dan langkah-langkah untuk mematikan sumur.

Handoyo menambahkan, sebagai antisipasi menjalarnya api ke sumur-sumur lain, Sele Raya telah menutup tiga sumur terdekat dengan potensi kehilangan produksi 300 barel minyak per hari. "Pertamina memiliki sumber daya manusia, peralatan, dan pengalaman yang memadai untuk melakukan usaha-usaha tersebut." Pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.