Sukses

Harga Minyak Tertekan Laporan Produksi dan Data Pasokan AS

Harga minyak AS mencapai level terendah sejak 16 Mei dan turun 4,6% dari puncaknya pada 20 Juni.

Liputan6.com, New York - Harga minyak mentah turun seiring dimulainya kembali produksi di Libya dan laporan bearish stok AS yang menekan pasar dunia.

Light, sweet crude untuk pengiriman Agustus turun US$ 1,11, atau 1,1 persen menjadi US$ 102,29 per barel di New York Mercantile Exchange. Harga minyak mentah Brent turun 66 sen menjadi US$ 108,28 per barel di bursa ICE Futures Europe,mengutip laman Wall Street Journal, Kamis (10/7/2014).

Penurunan menjadi sesi kesembilan kali pada kontrak patokan minyak AS, sementara posisi kedelapan untuk kontrak minyak global Brent.

Harga minyak AS mencapai level terendah sejak 16 Mei dan turun 4,6 persen dari puncaknya pada 20 Juni, sementara kontrak Brent mencapai level terendah sejak 9 Mei, turun 5,9 persen dari puncaknya pada 19 Juni.

Harga mulai susut setelah Libya Mengumumkan dimulainya kembali operasi di ladang minyak utamanya. Penurunan harga diperkuat setelah laporan mingguan minyak AS mencerminkan sejumlah faktor bearish.

Para analis mengatakan faktor teknis muncul untuk mengambil alih dan mendorong harga yang lebih rendah lagi, mendorong spekulan yang telah didorong posisi bullish di pasar untuk menjual catatan baru-baru ini.

"Pasar masih dalam proses re-mengevaluasi situasi pasokan," kata Andy Lebow, trader di bank investasi Jefferies.

Data Administrasi Informasi Energi AS Menunjukkan stok minyak mentah nasional turun 2,4 juta barel dalam pekan yang berakhir 4 Juli. Penurunan nominal membuat harga bullish, sebab ini lebih besar dari prediksi penurunan analis sebesar 2 juta barel.

"Permintaan akan masuk ke di masa liburan Juli tapi tidak kuat seperti yang Anda harapkan," kata Phil Flynn, Account Executive Broker Harga Futures Group. (Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.