Sukses

Pedagang Curhat Harga Bawang Merah ke Mendag

Selain bawang merah dan bawang putih, pedagang juga melaporkan kenaikan harga telur ayam yang naik.

Liputan6.com, Bandung - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi melakukan kunjungan ke Pasar Kosambi, Bandung, Jawa Barat. Dalam kunjungannya tersebut mantan Duta Besar Indonesia untuk Jepang tersebut dicurhati pedagang soal kenaikan harga bawang merah selama Ramadan.

"Iya pak sudah naik 2 minggu lalu. Bawang merah sekarang Rp 26 ribu, naik dari Rp 18 ribu per kg. Untuk bawang putih Rp 18 ribu per kg, waktu belum naik 14 ribu," ujar Hendra (31), salah satu pedagang di pasar tersebut, Kamis (10/7/2014).

Lufti menanggapi dengan mengatakan kenaikan tersebut masih dalam batas kewajaran mengingat pada momen seperti bulan puasa dan jelang lebaran pasti terjadi lonjakan harga.

"Bawang merah Rp 26 ribu naik sedikit, harusnya minggu ini turun Rp 2 ribu kalau mengikuti Jakarta. Tetapi pasokannya aman kan? Jangan naik banyak-banyak ya," kata dia.

Lutfi juga mendatangi pedagang sembako. Dia menanyakan soal harga gula dan pasokannya. "Gula Rp 11 ribu per kg, ini stabil. Mending stabil apa turun naik seperti tahun lalu?," tanya dia kepada pedagang.

Selain bawang merah dan bawang putih, pedagang juga melaporkan kenaikan harga telur ayam yang naik dari Rp 18 ribu menjadi Rp 20 ribu per kg sejak masuknya bulan puasa.

Meski demikian permintaan akan telur tetap tinggi mengingat masyarakat membutuhkan komoditas tersebut untuk membuat kue.

Dalam kunjungannya tersebut, Lutfi didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Sri Agustina, Direktur Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Widodo serta jajaran pejabat Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jawa Barat. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.