Sukses

Soal Duit, Remaja China Lebih Cerdas Ketimbang AS

Para remaja di China berhasil menempati peringkat pertama sebagai negara dengan pemahaman finansial terbaik.

Liputan6.com, New York - Hidup di negara dengan perekonomian terbesar di dunia, para remaja Amerika Serikat (AS) ternyata tidak lebih pandai dibandingkan para remaja China mengenai keuangan. Bayangkan saja, para remaja di China berhasil menempati peringkat pertama sebagai negara dengan pemahaman finansial terbaik.

Mengutip laman CNN, Jumat (11/7/2014), Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) merancang sebuah kuis untuk menentukan pemahaman keuangan remaja di berbagai negara. Kuis tersebut diikuti sejumlah negara dari beberapa kawasan termasuk, Asia, Amerika dan Eropa.

Dalam survei tersebut, OECD hanya memberikan dua soal mengenai keuangan pada para siswa berusia remaja. Seluruh siswa partisipan lantas diberikan tugas untuk menghitung tagihan dan gaji guna mengukur kemampuannya mengelola keuangan.

Hasilnya cukup mengejutkan, para remaja dari China ternyata memiliki pemahaman keuangan yang lebih baik dibandingkan siswa dari AS. China juga berada di posisi terbaik mengungguli Belgia dan Australia.

Pertanyaannya tampak ringan tapi memerlukan kejelian dalam menjawab dan berkaitan dengan pengelolaan pengeluaran keuangan. Misalnya, pilihan membeli tomat per kilogram atau membelinya dalam satu kotak seberat 10 kilogram sekaligus.

Keduanya memiliki harga yang berbeda. Para siswa diminta menentukan pilihannya dan menjelaskan alasannya.

Sekadar informasi, hampir 30 ribu siswa dari 18 negara terindustrialisasi diuji menggunakan kuis OECD tersebut. Kuis yang diberikan digunakan sebagai indikator pemahaman para anak. (Sis/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini