Sukses

IHSG Memerah, Ini Kata Otoritas Pasar Modal

Kenaikan IHGS pada beberapa hari terakhir karena sentimen politik memang sangat tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka memerah pada perdagangan saham hari ini. Pada pembukaan pukul 09.00 WIB, IHSG tergelincir 31,37 poin atau 0,67 persen menjadi 5.064,57. Seluruh indeks acuan memerah pada pagi ini.

Menanggapinya, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Ito Warsito menjelaskan, penurunan IHSG tersebut merupakan hal yang wajar. Menurutnya, kenaikan IHGS pada beberapa hari terakhir karena sentimen politik memang sangat tinggi.

Karena terlalu tinggi pasar mulai mengantisipasi melalui aksi ambil untung. "Pasar memanfaatkan aksi profit taking dari kenaikan yang cukup tinggi,"kata dia, di Jakarta, Jumat (11/7/2014).

Tak hanya itu, ia mengatakan sentimen asing juga menekan laju indeks pada hari ini. "Pasar regional Asia maupun dunia kemarin turun, Asia turun Indonesia ikut turun," tukasnya.

Indeks MSCI Asia Pasifik turun 0,4 persen pada jam 10.00 waktu Tokyo, Jepang. Jika ditotal, indeks MSCI Asia Pasifik telah turun 1,1 persen pada minggu ini.

Indeks Topix turun 0,4 persen ditutup pada level terendah sejak 27 Juli. Dalam seminggu Indeks Topix turun 2,5 persen. Indeks Nikkei 225 turun 0,3 persen, melanjutkan penurunan dalam lima hari ini.

Indeks ASX 200 Australia turun 0,3 persen. Sedangkan Indeks Kospi Seoul turun 0,8 persen. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • IHSG