Sukses

Sambut Lebaran, KAI Daop I Siapkan 48 Unit Lokomotif

Kapasitas pengangkutan sebanyak 500 orang per rangkaian untuk kereta api bisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut lebaran tahun ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) I, Jakarta menyiapkan 48 armada lokomotif. Angkutan mudik tersebut bakal melayani ribuan penumpang ke 12 tujuan mudik lebaran.

Humas KAI Daop I, Agus Komarudin mengungkapkan, armada lokomotif sebanyak 48 unit terdiri dari lokomotif dinas 45 unit dan cadangan tiga unit. Sedangkan jumlah gerbong mencapai 262 unit.

"Sebanyak 48 unit kereta ini memang sehari-hari berada di Dipo Lokomotif Jatinegara. Misalnya beberapa dipakai, beberapa unit lagi dirawat dan sebagai cadangan. Tapi nanti tanggal 18 Juli semua kereta akan keluar," ungkap dia saat ditemui di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (11/7/2014).



Masa angkutan lebaran, tambah Agus, berada di H-10 sampai dengan H+10 dan telah ditetapkan pada 18 Juli hingga 8 Agustus 2014 atau selama 22 hari.

Adapun jumlah perjalanan kereta api dari Daop I Jakarta menuju beberapa wilayah Jawa sebanyak 54 perjalanan kereta api reguler dan 12 kereta api tambahan lebaran.  "Volumenya mencapai 33.802 per hari," terang dia.

Kata Senior Manager Sarana KAI Jakarta, Purnomo, sebanyak 48 lokomotif ini akan melayani 12 tujuan daerah mudik lebaran. Antara lain, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Solo, Bandung, Kutuarjo, Cilacap, Kediri, Malang.

"Kapasitas pengangkutan sebanyak 500 orang per rangkaian untuk kereta api bisnis. Dan 700 an orang per rangkaian untuk kereta api ekonomi," tukas Purnomo. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini