Sukses

Suswono Berbagi Cerita Selama Jadi Menteri Pertanian

Selama menjabat sebagai menteri pertanian, Suswono mengaku banyak cobaan yang harus dihadapi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono menggelar acara buka puasa bersama di kediamannya, Jalan Widya Chandra Jakarta. Sebelum berbuka, dia memberikan sambutan dan bercerita sedikit pengalaman selama menjadi menteri.

Selama menjabat sebagai menteri pertanian, Suswono mengaku banyak cobaan yang harus dihadapi, seperti soal reshuffle kabinet yang salah satunya muncul isu soal penggantian dirinya.

"Pada satu tahun pertama PKS beda dengan koalisi kemudian muncul isu mau di-reshuffle. Kemudian terkait BBM di-reshuffle, terus begitu tetapi Alhamdulillah hingga 5 tahun tetap. Ada banyak mau jadi menteri, meskipun hanya 1 bulan yang penting jadi menteri," ujarnya di Jakarta, Jumat (11/7/2014).

Selain itu, Suswono juga bercerita soal harga cabai yang saat ini terjun bebas. Dia mengaku saat berbincang dengan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, menyatakan bahwa lebih mudah mengendalikan harga saat tinggi dibandingkan harga rendah seperti yang dialami cabai saat ini.

"Lebih mudah mengendalikan kalau harganya tinggi dibanding harga jatuh. Kalau tinggia kita bisa lakukan impor sehingga harganya bisa kembali normal," katanya.

Lebih lanjut dia menilai potensi dan kekayaan alam yang luar biasa, Indonesia seharusnya bisa menjadi bangsa yang kaya dan mampu memenuhi kebutuhan dalam negerinya sendiri.

Oleh sebab itu, dia berharap pemerintahan mendatang bisa berikan solusi baru sekaligus terus mengembangkan fondasi pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintahan saat ini.

"Kita ingin perkuat ketahanan pangan, tinggal ada tidak kemauannya. Petani-petani kita berbeda tipologinya petani dinegara maju, kita petani burem yang notabane miskin. Di Kementerian Pertanian sudah kita buat aturan-aturan baku banyak tinggal bagiamana ini dilanjutkan oleh pemerintah mendatang. Tinggal kemauan dan ditopang oleh politik anggaran," tandasnya. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.