Sukses

Dahlan Benahi BUMN Dengan Perbaiki Mental Pekerja

Di awal masa jabatannya sebagai menteri, Dahlan tidak langsung melakukan modernisasi pabrik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memiliki trik untuk membenahi kinerja BUMN yang bergerak di bidang produksi gula. Dia tidak langsung melakukan modernisasi pabrik gula, kendati beberapa pabrik  memiliki usia yang sangat tua.

Menurut dia, hal pertama yang harus dilakukan untuk mendongkrak kinerja BUMN yaitu dengan memperbaiki mental  pekerja dan manajemen di perusahaan tersebut.

"Ya kenapa waktu saya awal-awal jadi menteri tidak langsung lakukan modernisasi. Yang saya lakukan adalah perubahan mentalnya dulu. Karena kalau diberi mesin baru tapi mentalnya tidak berubah. Itu nggak akan bisa baik," kata dia Jakarta, Sabtu (12/7/2014).

Perubahan mental yang dimaksud Dahlan seperti budaya korupsi, permainan harga spare part dan juga penipuan. Dalam 2 tahun pengabdiannya, Dahlan sibuk memperbaiki sikap tersebut. Baru setelah dinilai cukup baik, modernisasi pabrik gula bisa dilakukan.

"Itu dulu yang saya benahi  kalau mental sudah bagus. Saya anggap sudah hampir sempurna  baru bicara modernisasi," terangnya.

Dahlan mengaku puas karena di akhir masa jabatannya, manajemen dari pabrik-pabrik gula sudah bagus. Dengan begitu, modernisasi sudah siap dilaksanakan pada tahun depan.

"Dalam dua tahun ini manajemen sudah  bagus. Karena mau moderenisasi, ya tahun depan dimulai. Kita serahkan ke menteri dan pemerintahan yang baru tapi landasannnya sudah kita siapkan," tutupnya. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini