Sukses

Senin, Simulasi Tes CPNS Digelar di Denpasar

Simulasi gratis ini akan dilaksanakan pada Senin, 14 Juli 2014 di kampus Universitas Mahendradata, Denpasar.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kembali menggelar simulasi tes CPNS sistem computer assisted test (CAT) di Denpasar, Bali. Simulasi yang tidak dipungut bayaran alias gratis ini akan dilaksanakan pada Senin, 14 Juli 2014 di kampus Universitas Mahendradata, Denpasar.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB Herman Suryatman mengatakan, seperti halnya di Semarang, simulasi CAT di Denpasar ini hanya berlangsung satu hari.

“Meskipun sehari, namun Panitia menyediakan 50 unit laptop yang diperkirakan bisa meng-cover 1.500 sampai 2.000 orang,” ujarnya, di Jakarta, Sabtu (12/7/2014).

Seperti simlasi CAT sebelumnya, setiap peserta diberikan waktu 10 menit untuk mengerjakan soal, dan ada jeda untuk persiapan sekitar dua hingga lima menit. Artinya, setiap laptop bisa digunakan 4–5 orang dalam satu jam.

Pelaksanaan simulasi yang dilakukan bekerjasama dengan JobsDB itu akan dibuka pada pukul 09.00 WIB-16.00 WIB, atau sekitar  delapan jam.

“Untuk pengunjung yang mendapat nomor antrean di atas dua ribu, mungkin tidak akan kebagian. Hal ini perlu kami sampaikan, agar semua pihak memahami keterbatasan ini,” imbuh Herman.

Herman menuturkan, simulasi ini dilakukan sebagai upaya untuk memperkenalkan sistem CAT kepada calon pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pasalnya, dalam seleksi CPNS tahun ini seluruhnya akan menggunakan  sistem CAT, yang diyakini mampu mewujudkan transparansi  dan obyektivitas. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

    CPNS

Video Terkini