Sukses

Mengintip Kekayaan Keluarga Terkaya di AS

Total kekayaan keluarga terpandang di Amerika Serikat bila dikumpulkan mencapai US$ 1,2 triliun.

Liputan6.com, Washington - Keluarga Kennedy, Rockefeller, dan Mellons mungkin tidak asing di telinga Anda. Keluarga ini merupakan keluarga terkaya di Amerika Serikat (AS). Berdasarkan penelusuran Forbes, ada 185 dinasti dengan kekayaan minimal US$ 1 miliar.

Bila dikumpulkan kekayaan itu mencapai US$ 1,2 triliun. Banyak keluarga kaya yang meningkatkan kekayaannya dengan bekerja keras. Ada juga ahli waris yang mendapatkan kekayaannya. Hampir semua memiliki hubungan dengan beberapa bisnis yang paling bertingkat dalam sejarah Amerika termasuk Jack Daniel, LL Bean, Getty Oil, Hallmark dan Budweiser.

Mengutip Forbes, yang ditulis Minggu (13/7/2014), berikut 10 keluarga terkaya di Amerika Serikat:

1. Keluarga Walton

Keluarga terkaya di Amerika dan juga dunia masih dipegang keluarga Walton. Salah satu sumber kekayaan ini berasal dari toko ritelnya Wal Mart.  Wal Mart didirikan oleh Sam Walton dan saudara laki-lakinya James Walton di kota kecil Arkansas pada 1961. Saat ini total kekayaan keluarga Walton mencapai US$ 152 miliar.

Keluarga Walton masih memiliki 51 persen di Wal Mart yang memberikan mereka masih memiliki hak veto. Dengan pendapatan sekitar US$ 476 miliar, Wal Mart masih menjadi ritel terbesar di dunia.

2. Keluarga Koch

Selain itu posisi kedua ditempati keluarga Koch. Kekayaan pendiri dari bisnis Koch yaitu William dan Frederick mencapai US$ 89 miliar. Koch Industries merupakan salah satu perusahaan swasta terbesar di Amerika Seriakt dengan penjualan mencapai US$ 115 miliar. Perusahaan keluarga ini bergerak di bidang energi dan manufaktur.

3. Keluarga Mars

Lalu keluarga Mars memiliki kekayaan sekitar US$ 60 miliar. Sumber kekayaan mereka berasal produk permen dan coklat seperti permen coklat M&Ms. Perusahaan milik Mars didirikan pada 1911 oleh Frank Mars di Tacome, Washington. Lalu anaknya Forrset Senior mulai bergabung dengan perusahaan pada 1929. Penjualan perseroan mencapai US$ 33 miliar pada 2013.

4. Keluarga Cargill-MacMillan

Perusahaan Cargill didirikan pada 1865 mendekati perang sipil Amerika Serikat. Pendirinya W.W Cargill, anak dari kapten laut Scottish ini memulai perusahaannya dari bisnis penyimpanan gandum.

Enam anggota keluarga Cargill mengumpulkan harta sekitar US$ 43 miliar. Keluarga ini memiliki 88 per saham di Cargill, dan merupakan perusahaan swasta terbesar di Amerika Serikat.

5. Keluarga Edward Johnson

Edward C.Johnson II mendirikan Fidelity pada 1946. Anak laki-lakinya Edward Johnson II dan cucunya memiliki 49 persen saham di Boston company, perusahaan mutual fund kedua terbesar di Amerika Serikat dengan dana kelolaan US$ 1,7 triliun. Saat ini perusahaan tidak hanya bergerak di sektor keuangan tetapi juga perusahaan properti.


6. Keluarga Hearst

William Randolph Hearst mendirikan bisnis media pada 1887.  Di tangan cucunya William R. Hearst III memiliki 49 koran, 340 majalah, dan sejumlah saham di saluran tv kabel seperti ESPN, Lifetime dan A&E. Total kekayaan keluarga ini mencapai US$ 35 miliar.

7. Keluarga Cox

Satu lagi keluarga kaya yang menggeluti usaha media yaitu keluarga Cox. Bisnis media perusahaan keluarga ini didirikan oleh James M.Cox pada 1898.

Saat ini, perseroan menjalani bisnis CoxCommunications di tv kabel dan broadband. Lalu ada Cox Media Group yang menjalanis bisnis koran, TV, dan stasiun radio. Harta yang dikumpulkan dari bisnis media ini mencapai US$ 32 miliar.

8. Keluarga Pritzker

Kekayaan keluarga ini berasal dari jaringan hotel Hyatt yang didirikan oleh A.N Pritzker bersama anak laki-lakinya. Total kekayaan keluarga ini mencapai US$ 29 miliar. Saat ini 11 anggota keluarganya juga tercatat menjadi miliarder.
Kini keluarga Pritzker memiliki bisnis lain sepertu perusahaan investasi Berkshire Hathaway dan film.

9. Keluarga S.C Johnson

S.C Johnson menemukan produk pembersih lantai di Wisconsin pada 1886. Perusahaan produk pembersih ini semakin berkembang, dan mengumpulkan total harta mencapai US$ 25,5 miliar.

10. Keluarga Duncan

Harta kekayaan Duncan ini berasal dari usaha gas alam, minyak dan petrokimia. Perusahaan inidirikan Dan Duncan pada 1968. Kini total kekayaan yang dimiliki keluarga Duncan mencapai US$ 25,4 miliar. Dan Duncan telah meninggalkan empat anaknya dengan total kekayaan sekitar US$ 10 miliar. Keempat anak Duncan pun mendapatkan kepemilikan saham merata di perusahaan. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.