Sukses

Market Update: Euforia Politik Masih Bayangi IHSG?

Setelah menguat signifikan pada pekan, laju indeks harga saham gabungan (IHSG) diproyeksikan tertekan pada pekan ketiga Juli 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali menembus level 5.100 pada pekan kedua 2014. Euforia politik dengan pelaksanaan pemilihan umum Presiden yang aman serta adanya harapan terhadap salah satu kemenangan calon presiden yang diunggulkan pasar memberikan sentimen positif untuk indeks saham.

IHSG menguat 2,5 persen selama sepekan. Akan tetapi, penguatan indeks saham tajam itu membuat pelaku pasar merealisasikan keuntungan menjelang akhir pekan. Pada Jumat pekan lalu, IHSG ditutup melemah 1,28 persen ke level 5.032.

Pelaksanaan pemilihan presiden yang aman dan terkendali juga memberikan kepastian kepada investor asing. Hal itu ditunjukkan dari dana investor asing yang masuk ke pasar modal mencapai Rp 9,47 triliun dalam sepekan.

Lalu melihat kondisi tersebut, apakah euforia politik masih mempengaruhi laju IHSG pada pekan ini? Saham-saham apa yang menjadi pilihan? Dan bagaimana strategi yang harus dilakukan pelaku pasar? Berikut wawancara Liputan6.com dengan Analis PT Samuel Sekuritas Muhammad Alfatih: (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.