Sukses

Uang yang Didapat Jerman, Argentina dan Belanda dari Piala Dunia

Gelar juara Final Piala Dunia 2104 akhirnya berhasil diraih Jerman yang unggul 1-0 setelah Mario Gothce berhasil membobol gawang Argentina

Liputan6.com, Rio De Janeiro - Gelar juara final Piala Dunia 2104 akhirnya berhasil diraih Jerman yang unggul 1-0 setelah Mario Gothce berhasil menggoyang gawang Argentina pada menit ke-113.

Kebanggaan yang diraih Den Panzer setelah memboyong trofi Piala Dunia semakin lengkap dengan hadiah uang senilai US$ 35 juta atau Rp 406,8 miliar (kurs: Rp 11.625/US$) dari FIFA.

Mengutip laman Sunnewsonline.com, Senin (14/7/2014), FIFA berhasil memperoleh pendapatan senilai hampir US$ 4,5 miliar dari penyiaran, sponsor, akomodasi, dan kesepakatan lisensi yang dilakukannya selama Piala Dunia berlangsung.

Dari jumlah tersebut, FIFA menyalurkan lebih dari US$ 400 juta pendapatannya untuk dijadikan sebagai hadiah bagi 32 tim nasional yang telah berpartisipasi dalam acara tersebut.

Juara pertama dalam laga sepakbola paling bergengsi di dunia itu akan diganjar dengan hadiah senilai US$ 35 juta atau Rp 406,8 Miliar. Hadiah tersebut akan diserahkan pada federasi nasional pemenang yang dapat menggunakan uangnya sesuka hati.

Total hadiah yang diraup Jerman tahun ini juga tercatat melampaui uang yang digondol pulang Spanyol senilai US$ 30 juta pada Piala Dunia empat tahun lalu di Afrika Selatan.

 Berapa yang dibawa Argentina dan Belanda?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Argentina dan Belanda

Sementara juara kedua yang kini ditempati Argentina akan memperoleh hadiah uang dari FIFA senilai US$ 25 juta. Angka tersebut juga meningkat dari hadiah Piala Dunia sebelumnya senilai US$ 24 juta.

Belanda sebagai juara ketiga dan Brasil yang berada di posisi keempat, masing-masing memperoleh uang senilai US$ 22 juta dan US$ 20 juta.

FIFA juga menyerahkan pembagian hadiah pada 23 pemain di timnya pada federasi nasional negara masing-masing. Federasi sepakbola Jerman tahun lalu menjanjikan seluruh pemain di tim nasionalnya bonus sebesar US$ 408 ribu atau Rp 4,74 miliar jika berhasil menang di Piala Dunia 2014.

Bonus tersebut setara dengan pendapatan rata-rata pemain Jerman yang tergabung di klub Eropa ternama hanya dalam hitungan beberapa minggu saja. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.