Sukses

Antisipasi Lonjakan Penumpang, AirAsia Tambah 12.600 Kursi

Frekuensi penerbangan rute Jakarta-Bali bertambah menjadi delapan kali frekuensi penerbangan dari sebelumnya enam kali dalam satu hari.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah maskapai penerbangan sibuk melakukan penambahan kursi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur Lebaran, termasuk AirAsia. Maskapai berbiaya murah ini menambah 12.600 kursi pada saat libur Idul Fitri.

Head of Corporate Secretary and Communication Indonesia, AirAsia, Audrey Progastama Petriny menjelaskan, penambahan kursi penerbangan tersebut untuk empat rute yang banyak diserbu penumpang.

"Ada rute Jakarta-Bali, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Singapura," ungkapnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Senin (14/7/2014).

Menurut dia, karena tingginya animo masyarakat terhadap rute tersebut, AirAsia juga menambah jumlah frekuensi penerbangan.

Ia mencontohkan, penerbangan Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Singapura ditambah satu kali. Sehingga frekuensi untuk rute ini dari normalnya empat kali sehari menjadi lima kali dalam sehari.

Sementara rute Jakarta-Bali menjadi delapan kali frekuensi penerbangan dari sebelumnya enam kali dalam satu hari.

"Itu mulai berlaku dari 23 Juli-5 Agustus 2014. Jadi selama dua minggu atau musim lebaran saja penambahan frekuensinya," tambah Audrey.

Dengan demikian, dia mengaku, pihaknya menambah kursi penerbangan untuk lebaran sebanyak 12.600 kursi.

"Itu cuma untuk empat destinasi tadi. Karena memang bukan hanya ditujukan bagi penumpang yang akan mudik lebaran, tapi juga liburan," paparnya.

Audrey mengatakan, jumlah kursi ini mengalami kenaikan sebesar 15 persen dibandingkan hari-hari biasanya. Sedangkan tahun lalu, pihaknya tak menambah frekuensi penerbangan maupun jumlah kursi.

Sayangnya, dia enggan menyebutkan secara pasti terkait penjualan tiket lebaran. "Saya belum tahu persisnya, tapi untuk rute-rute tertentu seperti Jakarta-Singapura sudah 90-100 persen ludes terjual," tukasnya.

Sampai dengan akhir tahun ini, dia bilang, AirAsia mematok target 8 juta penumpang. Komposisinya 70 persen penumpang internasional dan 20 persen penumpang domestik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini