Sukses

Rabu, Simulasi Tes CPNS dengan sistem CAT Digelar di Surabaya

Simulasi itu akan dibuka pada pukul 09.00 WIB, dan ditutup pukul 16.00 WIB, atau selama delapan jam.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah bakal kembali menggelar simulasi tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), pada hari Rabu tanggal 16 Juli 2014.

Kali ini giliran Kota Surabaya, tepatnya  di Airlangga Convention Center (ACC), Kampus C Universitas Airlangga (UNAIR) menjadi ajang sosialisasi sistem baru tes CPNS tersebut.

Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Suwardi mengatakan, simulasi CAT di Surabaya tersebut hanya berlangsung satu hari.

Seperti simulasi CAT sebelumnya, setiap peserta diberikan waktu 10 menit untuk mengerjakan soal, dan ada jeda untuk persiapan sekitar dua hingga lima menit.  “Artinya, setiap laptop bisa digunakan 4 orang sampai 5 orang dalam satu jam,” ujarnya seperti ditulis dalam keterangan pers, di Jakarta, Senin (14/7/2014).

Untuk mendukung pelaksanaan simulasi CAT, panitia menyediakan minimum 50 unit laptop yang diperkirakan bisa menfasilitasi  1.500 sampai 2.000 orang peserta simulasi.

Menurut rencana, simulasi itu akan dibuka pada pukul 09.00 WIB, dan ditutup pukul 16.00 WIB, atau selama delapan jam. Bagi CPNS yang akan mengikuti simulasi CAT diminta untuk mendaftarkan terlebih dahulu secara online melalui http://id.jobsdb.co.id/kampus. 

“Untuk pengunjung yang mendapat nomor antrean di atas dua ribu, mungkin tidak akan kebagian. Hal ini perlu kami sampaikan, agar semua pihak memahami keterbatasan ini,” Wardi.

Simulasi CAT yang diadakan oleh Kementerian PANRB dan Badan Kepegawaian Negara, bekerjasama dengan JobsDB.com, dan MSI itu dijadwalkan berlangsung di enam kota, yakni Bandung (3-4 Juli), Semarang (12 Juli), Denpasar (14 Juli), Surabaya (16 Juli), Makassar (18 Juli), dan terakhir Medan tanggal 22 Juli 2014. Sebelumnya simulasi juga sudah dilaksanakan dua kali di Jakarta dan sekali di Bogor.

Simulasi ini dilakukan sebagai upaya untuk memperkenalkan sistem CAT kepada calon pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pasalnya, dalam seleksi CPNS tahun ini seluruhnya akan menggunakan  sistem CAT, yang diyakini mampu mewujudkan transparansi  dan obyektivitas.

Berikut ini daftar 29 Pemerintah Daerah di Jawa Timur yang mendapatkan alokasi formasi CPNS 2014:

  1. Pemerintah Provinsi Jawa Timur
  2. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo
  3. Pemerintah Kabupaten Jombang
  4. Pemerintah Kabupaten Sampang
  5. Pemerintah Kabupaten Sumenep
  6. Pemerintah Kabupaten Bangkalan
  7. Pemerintah Kabupaten Bondowoso
  8. Pemerintah Kabupaten Pamekasan
  9. Pemerintah Kabupaten Situbondo
  10. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi
  11. Pemerintah Kabupaten Malang
  12. Pemerintah Kabupaten Pasuruan
  13. Pemerintah Kabupaten Probolinggo
  14. Pemerintah Kabupaten Lumajang
  15. Pemerintah Kabupaten Kediri
  16. Pemerintah Kabupaten Tulungagung
  17. Pemerintah Kabupaten Trenggalek
  18. Pemerintah Kabupaten Blitar
  19. Pemerintah Kabupaten Madiun
  20. Pemerintah Kabupaten Magetan
  21. Pemerintah Kabupaten Ponorogo
  22. Pemerintah Kabupaten Bojonegoro
  23. Pemerintah Kabupaten Tuban
  24. Pemerintah Kabupaten Lamongan
  25. Pemerintah Kota Surabaya
  26. Pemerintah Kota Malang
  27. Pemerintah KotaPasuruan
  28. Pemerintah Kota Blitar
  29. Pemerintah Kota Madiun (Ndw/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

    CPNS

Video Terkini