Sukses

Antisipasi Kepadatan Penumpang, KAI Tambah Dua Rangkaian

Kereta khusus Lebaran mulai beroperasi 18 Juli sampai 6 Agustus 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menyatakan, ada tambahan dua rangkaian kereta api untuk menampung arus pemudik. Dua rangkaian tersebut dapat menambah kapasitas sebanyak 2800 tempat duduk.

Direktur Lalu Lintas Direktorat Jenderal Perkertaapian Kementerian Perhubungan, Anggoro BW mengatakan, kedua rangkaian kereta tambahan tersebut merupakan milik PT KAI (persero). keduanya akan melayani rute Pasar Senen -Semarang dan Pasar Senen- Kutoarjo.

"Awalnya dipesan Ditjen KA, tapi kendala dasar legalitas menurut Kementerian keuangan belum bisa dirilis akhirnya dibeli PTKAI dari Inka sebanyak dua set," kata Anggoro, kepada wartawan, di Jakarta, Senin (14/7/2014).

Anggoro menambahkan, kereta khusus Lebaran tersebut mulai beroperasi 18 Juli sampai 6 Agustus 2014. Kedua kereta tersebut berkapasitas 2.800 tempat duduk per hari.

"Dengan dua rangkaian ini sistem operasinya pulang pergi satu hari, sehingga berangkat pagi, sore berangkat lagi," ungkapnya.

Menurut Anggoro, saat ini pihaknya sudah hampir menyelesaikan persiapan menghadapi kepadatan penumpang, baik sarana dan prasarana yang sudah sesuai dengan prosedur.

"Persiapan sudah selesai, sarana prasarana kemudian dari SOP sudah kami persiapan angkutan motor sudah berjalan, pertama sudah jelas durasinya H-7 H+7," pungkasnya. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini