Sukses

Menhub Jamin Harga Tiket Angkutan Lebaran Tak Naik

Agar kecurangan penjualan tiket tidak terjadi, Kemenhub menyiapkan sejumlah pengawas.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan menjamin tidak ada kenaikan pada harga tiket angkutan lebaran tahun ini. Seain itu dipastikan tidak ada calo yang membuat harga tiket angkutan Lebaran melambung tinggi.

"Nggak ada kenaikan tiket. Tadi saya katakan jangan sampai ada calo. Kedua jangan ada yang naikkan tarif sesuai dengan batas yang kita tentukan. Batas atas dari semua moda, bukan hanya laut," kata dia usai gelar Apel Siaga di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (14/7/2014).

Dia menuturkan, agar kecurangan penjualan tiket tidak terjadi pihaknya telah menyiapkan sejumlah pengawas. Pengawas tersebut, bertugas menerima aduan dari masyarakat jika ada yang menjual tiket dengan harga yang terlampau tinggi.

"Laporkan, siapa yang tahu laporkan. Ada pengawas, ada juga pengaduan dari masyarakat. Kan sering dapat. Seperti yang lalu kan banyak sekali, bus-bus naikkan tarif," tambah dia.

Dia mengatakan, sanksi tidak hanya dilakukan terhadap pihak luar yang menjual tiket dengan harga tinggi. Namun, sanksi juga diberikan kepada anggota pemerintah yang terlibat dalam kecurangan penjualan tiket.

Tegas dia, bagi pihak yang melanggar peraturan akan dikenai ganjaran sesuai dengan peraturan yang berlaku. "Ada PP 53 kalau bagi pegawai yang melanggar. Sanksinya ada. Paling tidak di tegur," ungkapnya.

Untuk menghadapi lonjakan penumpang, Kemenhub menyiapkan sejumlah armada angkutan Lebaran, seperti menyiapkan 1.259 unit kapal untuk mengangkut penumpang mudik. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini