Sukses

Penjualan Tiket Pesawat Mudik di Agen Ludes Terjual

Untuk penerbangan domestik, tiket pesawat untuk tujuan kota-kota di Pulau Jawa sudah habis seluruhnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha biro perjalanan atau travel agent khususnya untuk moda transportasi udara mengaku sebagian besar tiket pesawat untuk periode mudik Lebaran telah habis terjual.

Wakil Sekjen Asosiasi Perusahaan Penjualan Tiket (Astindo) Pauline Suharno mengatakan, untuk penerbangan domestik, tiket pesawat untuk tujuan kota-kota di Pulau Jawa sudah habis seluruhnya.

"Kalau untuk domestik rata-rata sudah penuh, dari tanggal 12 juli sudah penuh. Kebanyakan dengan tujuan di pulau jawa seperti Yogyakarta, Surabaya dan Semarang," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (16/7/2014).

Meskipun ada tiket yang tersisa, lanjut Pauline, kebanyakan merupakan tiket kelas bisnis yang harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan kelas ekonomi.

"Kalau pun masih ada paling yang bisnis class yang harganya tinggi sekali, kalau ekonomi habis semua," tambahnya.

Selain itu, dengan tujuan di luar Pulau Jawa, tiket untuk tujuan kota-kota di Pulau Sumatera juga rata-rata telah habis terjual.

"Yang luar Jawa, yang penuh itu ke Sumatera seperti Medan, Padang dan Palembang, masih ada paling untuk yang bisnis atau pesawat yang paling pagi sekali atau paling malam sekali itu masih ada," kata dia.

Sementara untuk arus balik lebaran, pemesanan tiketnya terhitung masih sepi jika dibandingkan arus mudik. Tiket yang habis terjual rata-rata terjadi pada akhir minggu setelah hari Idul Fitri.

"Arus balik paling penuh pada hari Sabtu dan Minggu setelah hari H lebaran. Untuk tanggal 30 (Juli), 31 (Juli), 1 (Agustus) dan 2 (Agustus) itu masih ada," tandasnya. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.