Sukses

5 Cara Jadi Karyawan Teladan di Kantor

Beri waktu pada rekan kerja Anda memperbaiki kesalahannya.

Liputan6.com, New York - Memiliki pekerjaan yang disukai tentu menjadi impian banyak karyawan. Apalagi jika Anda juga bisa menjadi karyawan teladan yang menjadi panutan rekan kerja lain saat berada di kantor.

Mengutip laman Lifehack.org, Kamis (17/7/2014), kesuksesan dan kebahagiaan dalam berkarir dapat dicapai saat Anda mampu menjadi bintang di kantor. Bukan karena ketampanan atau kecantikan Anda, melainkan kerena kerja keras dan dedikasi Anda pada perusahaan.

Memang benar, sulit bagi Anda untuk bertahan dari situasi kerja yang tidak menyenangkan. Tetapi fokus pada tujuan dapat membantu Anda menampilkan kinerja gemilan di kantor.

Berikut lima cara agar Anda dapat menjadi karyawan di kantor:

1. Tentukan tujuan kerja Anda

Memiliki tujuan kerja merupakan hal penting untuk tetap fokus bekerja dalam jangka panjang. Anda harus tahu apa yang diingin dicapai dan langkah apa yang perlu dilakukan.

Ketika sudah menetapkan tujuan, Anda masih harus menentukan target waktu untuk mencapainya apakah dalam jangka waktu pendek, menengah, atau panjang. Jangka waktu pendek dapat membantu Anda untuk membangun tujuan jangka panjang.

2. Meminta kritik dan saran

Saat meminta kritik dan saran dari orang lain, Anda juga dapat memperbaiki kinerja di kantor. Orang yang tepat untuk dimintai masukan di perusahaan adalah atasan.

Karena atasan dapat memberikan sejumlah masukan yang dapat membantu Anda melakukan lebih banyak pekerjaan penting.

3. Mampu menangani kondisi yang buruk

Menemukan seseorang yang melakukan kesalahan, sebagai rekan kerja Anda juga perlu mengingatkan atau melaporkannya. Itu agar rekan kerja anda mengetahui dan dapat memperbaiki kesalahannya.

Beri juga waktu pada rekan kerja Anda memperbaiki kesalahannya. Setelah ia memperbaikinya, kemudian periksalah hasilnya bersama guna mengetahui peningkatan kinerjanya di kantor.

4. Selalu mengutamakan pekerjaan

Jangan pernah menunda-nunda pekerjaan di kantor. Jaga fokus Anda selama bekerja dan cegah berbagai hal yang dapat Anda dapat mencegah berbagai hal yang dapat menganggu konsentrasi Anda seperti menerima telepon mengecek email atau berkirim pesan.

5. Pahami tim kerja Anda

Dalam sebuah pekerjaan, hubungan baik perlu dijalin antar karyawan sesama tim. Semua itu dilakukan demi mencapai kesuksesan bersama. Mengenal secara pribadi satu sama lain juga dibutuhkan dalam membangun kerja tim yang kuat. Dengan begitu Anda dapat memahami kepribadian dan kebiasaan rekan kerja di kantor. Alhasil, tim kerja dapat terbangun dan menghasilkan kinerja yang optimal. (Ian Andrew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini