Sukses

ASDP Siapkan 2 Kapal Buat Angkut Pemudik Motor

Kedua kapal laut disiapkan untuk melayani pemudik motor yang melayani rute Tanjung Priok-Tegal dan Tanjung Priok-Cirebon.

Liputan6.com, Jakarta - PT ASDP Indonesia Ferry menyiapkan dua kapal yaitu  KMP Kalibodri san KMP Manumbing Ray untuk melayani pemudik motor yang melayani rute Tanjung Priok-Tegal dan Tanjung Priok-Cirebon.

KMP Kalibodri memiliki kapasitas angkut 500 motor dan KMP Manunbing Raya 300 motor. Kapal dengan tujuan Tegal akan berangkat pada 24 Juli dan 26 juli dan tujuan Cirebon berangkat pada 23 Juli dan 25 juli 2014.

Keberadaan 2 kapal ini merupakan penugasan dari pemerintah untuk membantu mengurangi kepadatan arus mudik lintas Pantai Utara Jawa.

"Arus puncak mudik tahun ini diperkirakan akan lebih signifikan dari tahun lalu. Kami mengantisipasi lonjakan pemudik dengan melakukan banyak persiapan di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan mulai kesiapan armada, infrastruktur sampai petugas yang bertugas 24 jam," ujar Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Danang S Baskoro di Jakarta, Rabu (16/7/2014).

Dia mengatakan, beberapa lintasan penyeberangan yang dipadati pemudik Lebaran seperti Merak, Bakauheni, Surabaya, Ketapang, Lembar, Kayangan, Bajoe, Bangka dan Balikpapan.

Di mana diperkirakan terjadi peningkatan jumlah penumpang rata-rata sebanyak 8 persen. Kemudian motor naik 40 persen dan kendaraan roda empat naik 14 persen.

"Untuk mengantisipasi lonjakan di lintasan tersebut. ASDP Indonesia Ferry dan operator menyediakan sebanyak 215 kapal yang beroperasi 24 jam," jelas dia.

Dia menambahkan, pola operasi pelabuhan dan evaluasi jadwal kapal juga akan disesuaikan dengan kondisi kepadatan saat arus mudik. Arus mudik diperkirakan akan terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran. (Nrm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.