Sukses

Ini Teh Paling Mahal Di RI

Secara total, target produksi teh dalam negeri pada pada tahun ini sebesar 147.704 ton

Liputan6.com, Jakarta - Lahan perkebunan di Indonesia mampu menghasilkan berbagai jenis teh. Salah satu lahan tersebut ternyata mampu menghasilkan satu jenis teh yang memiliki kualitas terbaik serta bernilai jual tinggi.

Direktur Tanaman Rempah dan Penyegar Kementerian Pertanian (Kementan), Azwar Abu Bakar mengatakan, jenis teh tersebut yaitu teh putih yang diproduksi di wilayah Gambung, Bandung, Jawa Barat.

"Teh dengan kualitas paling bagus itu ada di wilayah Gambung, Kabupaten Bandung Barat. Mereka sudah menghasilkan teh putih," ujarnya usai  konferensi pers Capaian Kinerja Pembangunan Perkebunan Semester I Tahun 2014 di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Kamis (17/7/2014).

Dia menjelaskan, untuk teh putih siap konsumsi, harga jualnya terbilang paling mahal yaitu lebih dari Rp 1 juta per kilogram (kg).

"Harganya bisa sampai Rp 2 juta per kg, itu sangat menguntungkan bagi petani. Teh putih karena ada perlakuan khusus melalui teknologi sehingga bisa menghasilkan teh jenis tersebut," katanya.

Azwar melanjutkan, secara total, target produksi teh dalam negeri pada pada tahun ini sebesar 147.704 ton atau meningkat dibandingkan 2013 yang sebesar 146.682 ton.

Pada tahun lalu, Indonesia mencatatkan ekspor teh sebanyak 70.841 ton atau senilai US$ 157,5 juta dan impor sebanyak 20.579 ton atau senilai US$ 29,3 juta.

Dari segi kualitas, saat ini teh asal Indonesia berada diurutan ke-7 setelah China, India, Kenya, Srilanka, Vietnam, dan Turki.

Keunggulan teh Indonesia yaitu memiliki kandungan katekin atau bahan aktiv antioksidan tertinggi di dunia. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini